RAGAM

Orang Tua Berperan Penting dalam Mendidik Karakter Anak

Petrus Bere

ATAMBUA, Kilastimor.com-Selain pendidikan formal, orang tua berperan penting dalam mendidik karakter anak. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Petrus Bere saat memberikan materi dan Ramah tamah bersama para orang tua dan guru-guru tentang pendidikan berkarakter Anak SMPN Lorotuan di Dusun Badarai, Desa Teun, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Sabtu (17/2/2018).

Materi yang dibawakan oleh Sekda Belu tersebut mengambil tema “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan berkarakter Anak” tersebut menjadi tugas bagi para Orang tua untuk membangun bangsa Negara dan Agama yang lebih baik.

“Bagaimana karakter anak-anak di masa depan nantinya tergantung pada peran didikan Orang Tua di Rumah Sedangkan sebagian besarnya, pendidikan itu diberikan oleh guru di sekolah,” terang Sekda Belu.

Menurut Sekda Belu, pendidikan karakter bagi anak merupakan hal penting sebagai faktor penentu pembangunan bangsa dan Negara di masa mendatang. Karena itu, perlu menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta Agama kepada anak didik yang merupakan prioritas utama bagi orang tua.

“Seperti kita ketahui saat ini, tingkat kenakalan pelajar yang sedang marak terjadi yaitu anak sekolah yang memukuli guru, Ada pula tindakan anak yang menghancur kaca sekolah serta lain sebagainya. Selain itu, bahwa kita bisa lihat di mana-mana ada tawuran antar pelajar khusus terjadi di kabupaten Belu, di antaranya STM dengan SMAN. Ada pula palak-memalak yang dilakukan oleh anak akibat minuman keras bahkan ada pula para pelajar yang sudah mencoba coba narkoba serta pornografi yang dilihat lewat HP,” ungkapnya.

Baca Juga :   Satgas: Warga Belu yang Terkonfirmasi Covid-19 46 Orang

Karena itu, Petrus meminta kepada para orang tua agar selalu mengingatkan kepada anaknya agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif.

Petrus sangat berterima kasih karena melalui momen seperti ini. Melalui momen ini, dirinya dapat memberikan materi tentang pendidikan karakter Anak yang baik.

Diakhir pertemuan tersebut, Sekda Belu berpesan kepada para orang tua agar dalam mendidik anak orang tua harus sering memberikan pujian kepada anaknya saat melakukan sebuah prestasi.

“Jadikan tempat sekolah adalah rumah Belajar keluarga dan jangan hanya belajar untuk menjadi pintar. Belajarlah menjadi Aklak yang baik serta memberikan perhatian dan juga sebagai mentor yang baik untuk membentuk karakter anak guna membangun bangsa dan Negara,” pesannya. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top