POLITIK

Panwaslu Malaka Tertibkan APK Paslon Gubernur-Wagub NTT

Panwaslu Malaka turunkan APK milik paslon MS-EN.

BETUN, Kilastimor.com-Panwaslu Kabupaten Malaka menertibkan Alat Peraga Kampaye (APK) berupa Baliho dan sapanduk ke empat calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Nusa Tengara Timur di sejumlah titik di Kabupaten Malaka.

Anggota Panwanlu Kabupaten Malaka, Koodinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antara Lembaga (PHL) Petrus Kanisius Nahak ketika di jumpai di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Malaka, Selasa (20/2/2018) menjelaskan, terkait dengan penertiban APK ini, sebelumnya Panwaslu sudah surati ketua tim pemenang masing-masing keempat calon di Malaka, sejak Kamis (15/2) lalu.

Isi surat tersebut paparnya, bersifat himbauan untuk penertiban APK dan itu merupakan prosedur yang harus dijalankan pihaknya sebagaimana diatur dalam PKPU.

“Terkait dengan itu, kita sudah melewati kurang lebih sudah satu minggu setelah penetapan. Maka itu, kita mulai bergerak dari Minggu (18/2) hingga hari ini. Kita konsisten dengan penertipan APK, karena ini bukan kemauan Panwaslu tapi ini adalah perintah aturan harus ada pembersihan APK disemua titik. Yang ada saat ini adalah tahapan sosialisasi bakal calon dan sekarang masuk dalam tahapan calon tentu semua harus diamankan dan kemudian akan di cetak oleh KPU,” jelas Kenz sapaan karibnya.

Dirinya menambahkan, APK yang dicetak oleh KPU itu ada batasan jumlahnya. Selanjutnya APK bisa dicetak oleh tim pemenang pasangan calon dengan jumlah 150 persen dari jumlah yang di cetak oleh KPU.

Baca Juga :   Dukung Gerakan Kupang Hijau, Wartawan Bersama Wali Kota Tanam Pohon

“Itu menjadi tugas KPU. Kami Panwaslu hanya melakukan fungsi pengawasan. Dalam konteks hari ini kita di kabupaten hanya menjalankan tugas dari Bawaslu Provinsi,” timpalnya. (pisto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top