RAGAM

Pemkot Kupang Terapkan Manejemen Mutu ISO 9001

Dr. Zakiyah

KUPANG, Kilastimor.com-Pemerintah Kota Kupang resmi menerapkan Sistem ISO 9001.
Dr. Zakiyah yang ditemui kilastimor.com  usai kegiatan Pembinaan Penerapan Sistem Manajemen Mutu pada Pemerintah Daerah  kerja sama Pemerintah Kota Kupang dan Badan Standarisasi Nasional di Aula Hotel Maya, Senin 26/2/2018 mengatakan, Kota Kupang menjadi kota yang dipilih Badan standarisasi Nasional Indonesia dalan penerapan sistem ISO 9001.

Standar ISO 9001 merupakan sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu yang diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization For Standarzation (ISO).

Menurut standar ini, sebuah organisasi harus menunjukan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas dan kinerja.

“Kita memilih kota Kupang karena ada indikator, salah satunya adalah Wali Kota Kupang mempunyai komitmen besar untuk memperbaiki sistem pelayanan publik yang ada,” ungkap Dr. Zakiyah.

Dirinya meyakini penerapan sistem ini akan berhasil dengan model kepemimpinan Jeriko yang secara langsung turun dan memantau sistem kerja OPD di lingkup Pemkot Kupang.

“Kita ke sini karena salah satu point penting yang kita lihat adalah kondisi riil di lapangan, sehingga ada hal hal yang perlu diimprove (diperbaiki)  berdasarkan sistem internasional,” ungkap Dr. Zakiyah.

Pada kesempatan itu, Dr. Zakiyah menginformasikan, sistem ini sudah diterapkan di Palembang, Makassar.
“Di daerah lain sudah ada, tetapi ada titik lemahnya, yaitu salah satunya adalah kesulitan pimpinan daerah terhadap pimpinan OPD. Disini, pak Wali Kota, Jefri Riwu Kore langsung melakukan tinjauan manajemen, dimana seluruh OPD dipantau sistem kerjanya secara langsung oleh Wali Kota Kupang,” pintanya.

Baca Juga :   Kadistan Malaka: Bantuan Benih Ada dari Pemkab, Pemprov dan Pempus

Terkait penerapan sistem, seluruh OPD memiliki sekitar 39 indikator yang menjadi penilaian sendiri dalam 4 kategori yakni, good government, ekonomi, tingkat kesejahteraan dan aspek lingkungan.

Dr. Zakiyah meyakini, Wali Kota Dr. Jefirston R. Kore, MM, MH bisa mewujudkan hal ini.

Diakhir kesempatan dirinya menginformasikan, hari ini menjadi langkah awal dan berkelanjutan.
“Mulai minggu besok mereka harus laporkan hasil kerja itu. Sehingga berkelanjutan. Dengan harapan pemerintah Kota Kupang mulai  melayani dengan baik, untuk pemerintahan yang baik,” tukasnya. (dinho mali)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top