RAGAM

Dokumen Kontijensi Penanggulangan KKM di Malaka Perlu di Review Setahun Sekali

Pembahasan kontijensi KKM di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Kementerian Kesehatan melalui Pusat Sosialisasi Penyusunan Rencana Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) menggelar pertemuan di Kabupaten Malaka l selama dua hari terhitung 15-16 Maret di Aula Susteran RSPP.

Samsul Alam Kepala Seksi Karantina kesehatan wilayah, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, ketika dikonfirmasi mengatakan, penyusunan rencana kontijensi kesehatan masyarakat di Kabupaten Malaka ditengah arus globalisasi tidak dapat dipungkiri lagi, karena lalulintas perdagangan, alat angkut orang dan barang antar wilayah negara bahkan benua sangat pesat. Karena itu, penyusunan rencana kontijensi sangat perlu.

Dia melanjutkan, penyusunan rencana kontijensi dimulai dengan penilaian potensi risiko KKM, yang dapat masuk keluar pintu Pelabuhan atau bandara dan menyebar melalui wilayah provinsi kabupaten/kota. Selanjutnya, penilaian potensi bahaya KKM dilakukan melalui identifikasi berbagai jenis kejadian KKM di masing-masing wilayah dan dilakukan pembobotan potensial masalah.

Ia menuturkan, mengingat masalah KKM cukup banyak jenisnya, perlu dilakukan penilaian bahaya dan penentuan tingkat bahaya untuk menentukan satu jenis KKM yang diperkirakan akan menjadi prioritas.

Dokumen rencana kontinjensi yang telah dibuat harus direview secara reguler, minimal setahun sekali sehingga penyusunan rencana kontijensi ini dapat memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat jika terjadi KKM di Provinsi NTT.

“Pada tahun 2018 ditargetkan Kabupaten Malaka yang terhubung dengan pintu masuk internasional untuk menyusun rencana kontijensi Garut kedaruratan kesehatan masyarakat,” paparnya.

Baca Juga :   Jecko Tewas Diseret Arus Saluran Irigasi Benenain

Dirinya berharap penyusunan ini menjembatani sektor kesehatan dan pemerintah serta masyarakat untuk menyiapkan rencana respon terhadap ancaman kedaulatan kesehatan masyarakat Kabupaten Malaka.

Kegiatan itu bilangnya, difasilitasi dan didukung Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi NTT serta Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka. (pisto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top