EKONOMI

Gubernur NTT Panen Raya Jagung di Malaka. Lebu Raya: Produksi Terus Meningkat

Gubernur NTT dan Bupati Malaka panen raya jagung di Wewiku, Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Gubernur NTT, Frans Lebu Raya memenuhi undangan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran melakukan Panen Raya hasil RPM, di Desa Lorotolus, Kecamatan Wewiku.

Kehadiran Gubernur NTT, Senin (26/3/2018) ini merupakan suatu kebangaan buat kelompok tani dan masyarakat Malaka khusunya Kecamatan Wewiku.

Gubernur yang selalu memperjuangan pangan lokal hingga diakhir masa jabatanya ini, sangat mendukung Bupati Malaka Stefanus Bria Seran menggalakan Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM).

Hal ini disampaikan Frans Lebu Raya saat di temuai di lokasi panen raya.

Dikatakan, dirinya berterimakasih kepada bupati dan masyarakat Malaka, karena sudah menanam jagung yang luar biasa.

Frans melanjutkan 10 tahun saya memimpin NTT hingga sudah mau berakhir ini, dirinya memiliki tekad menjadikan NTT menjadi provinsi jagung dan sekarang semakin kelihatan. “Provinsi jagung semakin terwujud karena produksi jagung setiap tahun semakin meningkat,” paparnya.

Dulunya sebut dia, produksinya hanya tiga ton per hektare. Sekarang dipanen sekira6,3 ton per hektare. “Ini artinya produktifitasnya jauh lebih baik dari tahun-tahun yang lalu. Ini membuat kita optimis untuk terus maju menghasilkan jagung yang semakin maju di malaka,” ujarnya.

Gubernur dua periode ini berharap nanti ada saatnya jagung di Nalaka semakin banyak, dan ada industri yang mengelola jagung disini.

“Nanti kalau orang bikin pakan ayam tidak lagi di Jawa, tapi dibikin di Malaka, karena jagung kita banyak disini,” tambahnya.

Baca Juga :   Kelurahan Rinbesi Raih Juara I Lomba Pohon Natal

Ia menambahkan, dengan bantuan benih jagung yang berkualitas dan melibatkan kalangan akademisi melibatkan tim pakar dari Undana dan BPP, muda-mudahan kian meningkat produksi jagung. Ini harus bisa menjadi semangat, motivasi bagi untuk kabupaten-kabupaten lain untuk fokus memproduksi jagung. (pisto berek)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top