RAGAM

Kadistan Malaka: Bantuan Benih Ada dari Pemkab, Pemprov dan Pempus

Yustinus Nahak

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas Pertanian Malaka, Ir. Yustinus Nahak angkat bicara soal tudingan bahwa hasil panen raya jagung yang digelar, Senin (26/3) di Desa Seserai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka, hanya lahan yang dibajak oleh Pemerintah Daerah Malaka melalui program Revolusi Pertanian Malaka, sedangkan benih dan pupuk bukan dari pemda.

Kepada media ini dia mengemukakan, lahan pertanian yang dijadikan sebagai lokasi panen raya itu merupakan lahan yang disiapkan Pemda Malaka sebagai lahan RPM, dan lahannya diolah secara gratis.

Sedangkan tentang benih RPM itu ada tiga sumber yaitu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) II yakni Pemda Malaka, APBD I Pemprov NTT dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Pemerintah pusat ( Pempus).

Lanjut dia, untuk lahan yang dijadikan sebagai lokasi panen raya itu sumber benih dari APBN. Hal ini karena keuangan APBD II terbatas maka Pemda Malaka mencari jalan untuk membantu petani untuk mendapatkan benih dari sumber lain yaitu APBN.

“Benih untuk lahan tersebut benih dari pemerintah yaitu hibrida jenis Pioner 35 yang kita peroleh dari bantuan APBN. Sementara petani lain yang belum sempat dapat bantuan, kita minta Petugas Pendamping Lapangan (PPL) untuk mendampingi dengan teknologi RPM,” ungkapnya.

Sekali lagi dia menjelaskan, lahan yang dijadikan lokasi panen raya tersebut, mulai dari pengolahan lahan, benih dan pupuk merupakan bantuan dari program RPM melalui APBN. “Kalau ada pihak lain yang membantu kita sangat bersyukur, tapi itu bukan berarti kami tidak bantu,” tandasnya.

Baca Juga :   Falen Kanmese Pimpin Organisasi ITAKANRAI Kupang

Ia berharap supaya semua pihak mari bersama-sama membangun Malaka karena hal itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi semua pihak harus berperan. (adhi teiseran)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top