EKONOMI

Koramil Kobalima Panen Raya Jagung Hibrida Milik Poktan Suka Maju

Panen jagung milik Poktan Suka Maju.

BETUN, Kilastimor.com-Dalam rangka meningkatkan produksi pangan dan mendukung Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM), Koramil 1605-05 Kobalima, terus melakukan Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan di Wilayah Kobalima.

Danramil Kobalima, Mayor Armed Lastanto Putro kepada media ini mengatakan pihaknya terus menjalankan Upsus swasembada pangan bersama kelompok tani (Poktan) di Malaka. “Kita terus mendukung Poktan, untuk terus maju meningkatkan hasil produksi pertanian,” paparnya usai panen jagung hasil karya Poktan Suka Maju Kobalima, Jumat (18/3).

Sejauh pembinaan dan pendampingan, katanya, Poktan Suka Maju di Desa Lakekun Utara, Kecamatan Kobalima  Kabupaten Malaka, berjalan sangat baik dan bisa dijadikan contoh untuk kelompok tani yang lainnya.

Untuk memajukan poktan sebutnya, tidak saja peran pihaknya, tetapi perlu peran PPL. “Peran PPL sangat diharapkan untuk menyumbangkan ilmunya kepada masyarakat petani di Malaka, sekaligus mendukung program Upsus dan RPM,” katanya.

Camat Kobalima, Fransiskus Teti Nahak memberikan apresiasi kepada Koramil, PPL kepada PT. Bisi internasional atas dukungannya kepada para petani di Kobalima, sehingga Poktan Suka Maju berhasil.

Dia berpesan agar Poktan Sukamaju terus mengikuti arahan PPL agar bisa meningkatkan motivasi dan metode kerja demi meningkat kesejahteraan anggota poktan. Jika semua berjalan baik, dengan sendirinya secara langsung mendukung  program Pemda Malaka yakni RPM.

Perwakilan PT BISI, Gusti Halek ketika dikonfirmasi media ini mengatakan, pihaknya merasa senang dan bangga atas upaya TNI, petani Malaka yang menggalakkan UPSUS dan RPM.

Baca Juga :   Empat Puskesmas di Malaka Bakal Diakreditasi Oktober Nanti

“Saya atas nama Perusahaan mendukung Kegiatan UPSUS dan RPM yang digalakkan oleh Pemerintah. Kami selalu hadir dengan PPL untuk memberikan Pengarahan terkait genetik benih, Panca Usaha Tani seperti Penerapan Jarak Tanam,  Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) Seperti Pemanfaatan Herbisida Selectif Paket Anti Gulma (PAG) dan Nutrisi / Pupuk.  Kita akan Berusaha secara optimal memotivasi petani supaya tercapai peningkatan produkvitas sehingga peningkatan ekonomi Petani. Dengan demikian Program RPM dan UPSUS berhasil. Kalau Teknik yang Kita sampaikan kepada petani dapat diterapkan, maka Petani akan berhasil.
Jadi saya tekankan, yang Berhasil bukan saya dan Danramil tetapi petani yang berhasil. Kalau petani berhasil kita bangga,” pungkasnya. (adhi teiseran)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top