EKONOMI

Menteri BUMN Serahkan Bantuan CSR di Kabupaten Kupang

Menteri BUMN serahkan bantuan CSR BUMN kepada para penerima.

OELAMASI, Kilastimor.com-Menteri BUMN, Rini Soemarno, menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR), bagi masyarakat di Kabupaten Kupang, terutama masyarakat di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu.

Bantuan CSR ini merupakan sinergi antara PT. Garam dengan beberapa BUMN, yakni PT. Balai Pustaka, PT. PLN, PT. Pertamina dan beberapa Bank. Penyerahan ini dilakukan secara simbolis di depan halaman SD Inpres Bipolo, Selasa (6/3/) lalu.

Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam sambutannya mengatakan, dengan menyandang motto “BUMN Hadir Untuk Negeri”,lembaga yang dipimpinnya ini melakukan berbagai program ke masyarakat.

Adapun BUMN melalui CSR-nya, melakukan program kemasyarakatan sehubungan dengan pendidikan, kehidupan yang lebih sehat yakni melalui air bersih, MCK dan tentunya bertujuan untuk perekonomian yang lebih. 
“BUMN selama ini, melalui CSR-nya membantu masyarakat sehubungan dengan pendidikan, kehidupan sehat yakni melalui bantuan air bersih, juga MCK. Tentunya, semuanya bertujuan untuk peningkatan perekonomian masyarakat yang lebih baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya berterimakasih kepada sejumlah BUMN yang telah bersinergis untuk membantu masyarakat di Kabupaten Kupang. Dirinya berharap dengan kehadiran BUMN melalui bantuan CSR tersebut, beberapa tahun kedepan masyarakat semakin sejahtera.

Direktur utama PT. Garam, Budi Sasongko pada kesempatan ini, ketika menyampaikan laporannya, menjelaskan tentang sinergisitas BUMN yang memberikan bantuan CSR kepada masyarakat di Kabupaten Kupang. Adapun bantuan yang diberikan yakni, Taman Baca Masyarakat (TBM), bantuan Air bersih, bantuan Listrik bagi masyarakat dan renovasi sekolah.

Baca Juga :   Tiongkok Blacklist Warganya yang Bikin Malu Saat Melancong ke Luar Negeri

Untuk  TBM, PT. Garam (Persero) bersinergi dengan Balai Pustaka memberikan bantuan TBM di SD  Inpres Bipolo, dalam bentuk buku, sejumlah 1000 buah, juga rak buku, rak TV dan tempat baca. Total dana dari bantuan ini sebesar Rp 140.000.000.

Bantuan CSR air bersih, diberikan PT. Garam (Persero) kepada masyarakat desa Bipolo dengan 25 tanki air. Total dana bantuan CSR air bersih ini sebesar Rp 150.000.000.

Untuk bantuan CSR Listrik bagi masyarakat, PT. Garam (Persero) bersinergis dengan PT. PLN (Persero) membantu 36 KK di Desa Bipolo, dan SMPN 5 Sulamu.

Sedangkan untuk bantuan renovasi sekolah, PT. Garam (Persero) bersinergi dengan Pertamina merenovasi 5 sekolah, yakni TK Maranatha Bipolo, SD Inpres Bipolo, SD Negeri Taupkole, SMPN 5 Sulamu dan SMAN 2 Sulamu. Total dana CSR yang diberikan sebesar Rp 500.000.000.

Dirinya pada kesempatan ini menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi NTT dan masayarakat Bipolo yang mendukung PT. Garam (Persero) dalam berinvestasi selama dua tahun terakhir.

Sementara itu, mewakili Bupati Kupang, Staf Ahli, Tinus Tausbele menyampaikan terima kasih kepada kementerian BUMN yang telah hadir di kabupaten Kupang. Disebutkan, kehadiran BUMN membawa hujan berkat bagi masyarakat Kabupaten Kupang. Dalam hal ini, menurutnya melalui PT. Garam (Persero) telah memberikan kontribusi besar bagi kabupaten Kupang dan masyarakatnya.

Tinus mengungkapkan, kehadiran PT. Garam (Persero) telah menghasilkan garam yang disebut sebagai emas putih bagi masyarakat kabupaten Kupang. Diharapkan garam ini akan berproduksi bukan saja bagi NTT yang berada di bagian selatan garis katulistiwa. Tetapi dapat menjangkau hingga negara daratan Timor Leste dan negara raksasa seperti Australia.

Baca Juga :   SBS-DA: Masyarakat Tidak Boleh Lapar, Tidak Boleh Sakit dan Berpendidikan

Salah satu dampak dari kehadiran PT. Garam (Persero), menurut Tinus, walaupun masih merupakan remah-remah, tetapi telah memberikan berkat yang besar masyarakat desa Bipolo. Dirinya yakin, ke depannya, berkat remah-remah itu akan diberkati Tuhan dan menjadi lebih besar lagi, bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kupang, terlebih untuk masyarakat provinsi NTT.

Untuk diketahui bahwa, pada kesempatan ini, Menteri BUMN, Rini Soemarno, secara simbolis menyerahkan bantuan CSR tersebut kepada perwakilan masyarakat dan sekolah yang menerima bantuan tersebut.

Hadir pada kesempatan ini, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno, dan sejumlah Direksi BUMN, bersama jajarannya masing-masing. (krist poto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top