RAGAM

Program Pamsimas Sukses, Warga Fatuaruin Nikmati AirnBersih

Kepala desa Fatuaruin dan warga menguji coba air bersih dari Pamsimas.

BETUN, Kilastimor.com-Masyarakat Desa Fatuaruin, Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka, menerima bantuan dari Program Air Bersih Berbasis Masyarakat (PAMSISMAS).

Desa Fatuaruin merupakan salah satu desa dari 10 desa di Kabupaten Malaka yang menerima bantuan ini. Teknis pelaksanaannya menggunakan bantuan tenaga surya, dengan alokasi anggaran bersumber dari BLM sebesar Rp. 300.000.000, APBDES Rp 58.724.000 Incas atau sumbangan dari setiap KK Rp 150.000 senilai Rp 23.490.000.

Jumlah keran air umum sebanyak 24 yang tersebar di Lima Dusun Desa Fatuaruin, dan sudah mulai beroperasi sejak 4 Maret 2018. Saat ini masyarakat sangat antusias dan senang karena tidak kesulitan air bersih.

Untuk diketahui, suplayer yang mensuplay material yakni CV. Mentari dan kualitas air sudah dilakukan uji fungsi dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Malaka.

Kepala Desa Fatuaruin, Servatius Berek, S.IP ketika ditemui dikediamannya mengatakan, PAMSISMAS Merupakan Program dari Pempus melalui Ditjen Cipta Karya sesuai usulan dari BAPPEDA Malaka dan Desa Fatuaruin.

Lanjut dia, program ini sangat baik karena bertujuan untuk mendekatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat desa yang kesulitan air bersih. Selain dana dari BLM, ada juga Sumbangan dana dari masyarakat sehingga pekerjaannya dalam bentuk swadaya oleh Masyarakat.

“Rencana Akan diresmikan dalam waktu dekat oleh Bupati Malaka dr. Stefanus Bria Seran namun pemerintah desa masih mengalami hambatan berupa Incas (sumbangan dari masyarakat)

Baca Juga :   DPRD Malaka Minta Penggunaan Pos BTT harus Sesuai Data Riil

Ia beharap, masyarakat desa setempat, sadar untuk segera menyetor sisa uang sumbangan bagi yang belum menyetor, agar mempermudah rencana pembangunan selanjutnya dan rencana pengresmian dapat berjalan sesuai rencana. (adhi teiseran)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top