RAGAM

Umat Stasi Kakaniuk Prosesi Jalan Salib Keliling Kampung

Prosesi jalan salib di Kakaniuk.

BETUN, Kilastimor.com-Umat Lingkungan Kakaniuk dan Boni, Paroki Santo Mikhael Biudukfoho yang tergabung dalam kedesaan Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, merayakan ibadat Jalan Salib mengenang sengsara Tuhan Yesus Kristus dalam suasana kesederhanaan, Jumat (30/3)

Ibadat Jalan Salib yang diawali dari batas desa di Baken menuju Salib Suci di Rubak diikuti seluruh umat dan para siswa SDI Boni dan Kakaniuk itu, dipimpin Frater TOP Johanes Fransiskus Mali.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ibadat Jalan Salib itu menyusuri kampung dengan setiap stasi berada di depan rumah warga.

Romo Benyamin Seran, Pr pastor yang memimpin Perayaan Tri Hari Suci di Stasi Kakaniuk, mengungkapkan jikalau ibadat Jalan Salib ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari upacara memperingati sengsara, wafat dan kebangkitan Kristus.

“Setiap tahun kita mengajak seluruh umat untuk terlibat secara aktif dalam ibadat ini untuk mengenang sengsara Tuhan kita Yesus Kristus yang menderita untuk menebus dosa umat manusia,” katanya.

Romo Benyamin yang juga Kepala Sekolah SMAK Suria Atambua ini juga mengatakan ibadat yang mengelilingi kampung ini juga adalah upaya yang dilakukan agar umat semakin menyadari arti kebersamaan dalam menghayati nilai-nilai kristiani yang sudah diwariskan kepada kita.

Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk mengungkapkan bahwa sebagai pemerintah pihaknya menyambut baik kegiatan rohani seperti ini, karena bagaimanapun juga pemerintah dan gereja tak bisa dipisahkan dalam rutinitas hidup sehari-hari.

Baca Juga :   Pemda Belu Siapkan Rp 25 Miliar untuk JPS. "Masih Verifikasi Data"

“Bupati Malaka selalu mengatakan bahwa umat dan masyarakat itu hanya beda sebutannya saja, sedangkan pelayanan itu untuk orang yang sama. Oleh karena itu pemerintah pun menyambut baik dan mendukung setiap kegiatan rohani yang ada di setiap wilayah kedesaan,” ungkapnya.

Usai ibadat Jalan Salib umat diberkati oleh pastor dan kembali ke rumah masing-masing mempersiapkan diri mengikuti Ibadat Jumat Agung. (*/ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top