EKONOMI

Hasil Panen Melimpah, Petani Lawalu Puas dengan Program RPM

Camat Malaka panen jagung di Lawalu.

BETUN, Kilastimor.com-Petani Kelompok Sinar Beilulik, Desa Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah mengaku sangat puas dengan hasil jagung yang ditanamnya. Pasalnya, produktivitasnya meningkat drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kami sangat puas dengan hasil jagung yang ditanam tahun ini. Kami senang karena dengan adanya perhatian yang tinggi dari pemerintah, maka kami bisa menikmatinya,” kata Nimrot Kase, Ketua Kelompok Tani saat panen simbolis jagung RPM, Jumat (13/4/2018).

Dia mengaku, melalui pendampingan intensif dari PPL dan mengikuti pola tanam yang dianjurkan, hasilnya melimpah dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya bersama anggota kelompok.

Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok usai melakukan panen jagung secara simbolis mengatakan kepada petani bahwa ini merupakan bukti jikalau menanam dan merawat hasilnya dengan baik.

“Hari ini kita lakukan panen jagung secara simbolis dan hasilnya sangat bagus. Ini semua merupakan bukti bahwa dengan adanya kerja sama yang baik, pasti masyarakat akan menikmati hasilnya dengan baik pula,” katanya.

Camat Edu juga mengemukakan melalui Program Revolusi Pertanian Malaka, pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran terus memberikan support dan motivasi kepada masyarakat untuk mengolah lahannya.
Hal itu terbukti dengan adanya pembalikkan lahan secara gratis, pemberian pupuk dan obat-obatan serta pendampingan dari Tim Pakar.

“Kita sangat bersyukur bahwa Bupati Malaka dalam program prioritas RPM sangat konsen kepada masyarakat terutama di bidang pertanian, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat dari waktu ke waktu ” katanya penuh semangat.

Baca Juga :   Tangkap Peluang, Bupati Usulkan Pembangunan Tempat Pelelangan Ikan Internasional di Belu

Sesuai informasi yang diperoleh dari PPL Desa Lawalu Maria Helene Bere, sistem yang digunakan adalah Double Track dengan varietasnya Bisi 18. Luas lahan Kelompok Sinar Beilulik 0,20 Hektare dengan produktivitas 8,8 ton per hektare. Sementara produksi yang diperoleh dari luas lahan dikalikan dengan produktivitas yakni 1,76 ton kering panen. (*/ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top