RAGAM

Kekurangan ASN, Pemda Malaka Ajukan 4.918 Formasi CPNS

Veronika Flora Fahik

BETUN, Kilastimor.com-Kabupaten Malaka hingga kini masih kekurangan jumlah ASN. Untuk menutup kekurangan itu, pemerintahan Kabupaten Malaka merekrut Tenaga Kontrak Daerah (Teda) untuk memenuhi kekurangan ASN.

Kepala BKD Kabupaten Malaka, Veronika Flora Fahik yang ditemui Jumat (27/4) menjelaskan, jumlah ASN di Malaka sangat terbatas dan penyebarannya tidak merata untuk semua bidang pelayanan pemerintahan.

ASN di Malaka sendiri bilangnya, berjumlah sekitar 2.870 orang. Karena kekurangan yang ada, Pemda Malaka memutuskan merekrut Teda sebanyak 2.526 orang.

Disebutkan, karena kekurangan tenaga ASN, sejumlah jabatan eselon pun masih kurang dan terjadi rangkap jabatan. “Untuk mendukung kelancaran pelayanaan publik, pemerintah daerah memperbanyak teda, guna mengisi tugas ASN,” paparnya sembari menguraikan, jumlah ASN lanjutnya, selalu berubah sesuai data pindah masuk dan keluar ASN.

Untuk mengisi kekurangan ASN tahun 2018 ini, Pihaknya mengusulkan 4.918 Formasi CPNS ke KemenPAN-RB.

“Pemerintah Kabupaten Malaka sudah mengajukan analisa kebutuhan formasi ASN untuk tahun 2018. Totalnya mencapai 4.918 formasi. Jumlah ini untuk lima tahun, sesuai proyeksi jumlah PNS yang pensiun,” bilangnya.

Lola Fahik sapaan karibnya menuturkan, usulan formasi sudah dikirim sejak awal April lalu. Bahkan sebelumnya, tahun 2017 juga sudah diusulkan formasi PNS sesuai kebutuhan. Hanya saja belum ada realisasi jatah atau kuota.

“Kita hanya mengajukan analisis kebutuhan dan nanti kuota ditentukan KemenPAN-RB dengan melihat analisis kebutuhan. Dengan demikian belum ada informasi resmi beberapa yang disetujui. Biasanya informasi kuato masuk server daerah masing-masing,” terangnya.

Baca Juga :   Tim Finalisasi Buku Tiga Tahun SBS-DA Memimpin Malaka

Dirinya berharap, KemenPAN-RB bisa memprioritaskan Kabupaten Malaka yang merupakan kabupaten baru dengan kuato lebih banyak, sehingga bisa memenuhi kebutuhan dilingkup Pemda Malaka. (pisto bere)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top