RAGAM

Pengurus Pramuka Kencana NTT Dilantik dan Dikukuhkan. Mau Kuru: Pertumbuhan Penduduk di NTT Masih Tinggi

Ketua Kwarda NTT lantik pengurus Pramuka Kencana NTT.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pengurus Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Kencana) Kwartir Daerah NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Kwartir Daerah NTT, Nyonya Lusia Adinda Lebu Raya, Kamis (26/4) di Aula SMAK Suria Atambua.

Hadir dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus Pramuka Kencana sebagaimana pantauan media ini antara lain, Bupati Belu, Willybrodus Lay, Ketua Tim PKK Belu, Ny. Vivi Lay, Kaper BKKBN NTT, Marianus Mau Kuru dan Kepala Sekolah SMAK Suria, Romo Benyamin Bria Pr.

Ketua Kwarda Pramuka NTT, Ny. Adinda Lebu Raya dalam sambutannya usai melantik dan mengukuhkan pengurus Pramuka Kencana mengemukakan, gerakan pramuka kencana yang telah ada, harus bisa membantu pemerintah, khususnya BKKBN dalam membangun keluarga dan masyarakat NTT.

Kaper BKKBN NTT sedang berikan sambutannya.

Dengan begitu, kualitas keluarga makin terencana dan berkualitas pada masa-masa mendatang. “Mari kita bantu masyarakat untuk menuju sejahtera,” ungkapnya.

Pramuka Kencana sebut dia, hendaknya melakukan inovasi-inovasi termasuk membangun sinergitas dengan BKKBN, Kwarda NTT maupun Pemprov NTT serta Kabupaten Kota, demi berjalannya program dan kegiatan.

Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Kencana Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru yang juga Kaper BKKBN NTT memberi ucapan proficiat atas pelantikan dan pengukuhan yang telah dilakukan Ketua Kwarda NTT itu.

Dia menjelaskan, pemuda merupakan harapan bangsa, karena itu semangat pemuda harus ditingkatkan, termasuk melalui jajaran Pramuka Kencana.

Baca Juga :   Pemda Malaka Mulai Pasang Traffic Light dan dan Lampu Jalan di Betun

Disebutkan, kemajuan suatu bangsa ditentukan kualitas SDM-nya. Karena itu, semua harus bersatu padu membangun bangsa agar kuat dan berkarakter. Lebih dari itu, ada perencanaan kehidupan sejak dini.

Pemuda paparnya, hendaknya sanggup menghadapi tantangan global masa kini. Jika memiliki pemuda memiliki karakter yang kuat, jelas bisa menepis persaingan global.

Masih menurutnya, pertumbuhan penduduk di Indonesia sesuai Sensus 2010, masih terkategori tinggi karena pertumbuhan mencapai 1,4 persen pertahun, sedangkan di NTT sebesar 2,07 persen. Padahal
idealnya hanya 1,1 persen.

Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, dipastikan akan menyebabkan masalah, diantaranya bumi akan penuh dengan manusia, sumber kehidupan akan semakin sedikit dan akan menyebabkan masalah sosial lainnya.

Atas kondisi ini harapnya, Pramuka Kencana dituntut untuk berkontribusi dalam menyelesaikan bangsa persoalan tersebut, dengan mensosialisasikan program BKKBN.

Sementara itu, Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam sambutannya lebih banyak memotivasi anggota Pramuka serta siswa yang hadir, untuk menentukan masa depannya dengan belajar. Hanya lewat pendidikan setiap orang bisa mengembanglan diri dan menggali potensi serta merencanakan hidupnya kelak.

Tanpa pendidikan katanya, peluang untuk membentuk masa depan yang baik akan terlewatkan. “Mari terus bersekolah, untuk menggali potensi diri. Jangan sampai mimpi memiliki masa depan yang baik tidak tercapai bahkan nihil,” pesannya.

Terkait Pramuka Kencana,dia berharap terus membantu pemerintah untuk membentuk kehidupan keluarga dan masyarakat NTT, termasuk NTT lebih baik dan beranjak menuju sejahtera. (ferdy talok)

Baca Juga :   422 KK di Weliman Terima BPNT. Kapolsek: Kami Minta Masyarakat Jaga Jarak
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top