EKONOMI

Sekira 600 TKI Asal Malaka Bekerja Secara Legal di Luar Negeri. Kadis Nakertrans Malaka: Ribuan Bekerja Ilegal

Vinsensius Babu

BETUN, Kilastimor.com-Kasus kematian TKI asal Malaka di Malaysia yang kian meningkat, membuat Dinas Nakertrans Malaka berupaya memberangkatkan TKI secara Prosedural atau legal. Nakertrans juga akan mengendalikan dan memberi pelatihan dan sosialisasi kepada calon TKI.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Malaka Vinsensius Babu saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/4) mengatakan, sejauh ini banyak TKI dari malaka berangkat menjadi TKI keluar negeri maupun TKAD. Dalam keberangkatan itu, ada yang prosedural atau legal dan ada yang non prosedural alias ilegal.

Dirinya mengatakan, pihaknyanya selama ini hanya mengurus bagi TKI yang perangkat secara prosedural, sekaligus mengawasi pengiriman TKI secara ilegal.

“Sebagaimana kita ketahui, banyak kejadian, dimana TKI dipulangkan tak bernyawa. Mereka berangkat secara ilegal. Kedepan kita akan terus kawal biar berangkat secara legal,” unkap Vinsen Babu.

Dirinya melanjutkan, sejauh ini, pihaknya selalu mendapat informasi soal meninggalnya TKI asal Malaka dari UPT.P3TKI. Tetapi kadang langsung di kontak oleh keluarga.

“Sejauh ini kami sudah mengsosialisasikan aturan soal TKI di beberapa titik kecamatan, yang menjadi kantong pengiriman TKI di Malaka. Kita juga sudah membuat satgasnya untuk pengawasan untuk mengatasi persoalan ini,” bilangnya.

Vinsen menambahkan pihaknya tidak melarang untuk bekerja di luar negeri. Akan tetapi harus sesuai aturan dan prosedur yang ada sehingga apabila terjadi sesuatu, tidak sulit untuk ditangani.

Baca Juga :   Luar Biasa...Hasil Panen Bawang Merah di Lamudur Lampaui Genetik Varietas Bima Brebes

“Kini sudah saatnya kita mengelola lahan kita sediri karena daerah kita ini subur. Seharusnya kita memanfaatkan potensi yang ada, tidak seharusnya ke luar negeri,” pintanya.

Untuk diketahui untuk saat ini TKI yang berasal dari Malaka, yang berangkat secara prosedural sekira 600 orang. Sedangkan non prosedural yang diketahui mencapai ribuan orang. (pisto bere)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top