RAGAM

SMA di Malaka Sangsi Wajib UNBK Tahun 2019 Nanti. Ini Kendalanya

Donatus Bria Seran

BETUN, Kilastimor.com-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 mendatang, bakal diwajibkan untuk seluruh SMA di Malaka.

Menyikapi penegasan Kemendikbud itu, Kepala Sekoalah SMAN Bolan, Donatus Bria Seran ketika dikonfirmasi menyatakan, demi kelancaran dan kenyamanan saat penyelenggaraan UNBK 2019, Pemerintah Pusat dan Provinsi NTT perlu melihat kondisi riil di lapangan, dan jangan memaksa sekolah dan siswa tanpa fasilitas yang memadai.

Donatus menjelaskan, ada sejumlah hambatan yang dihadapi antara lain, fasilitas komputer hingga kini belum lengkap. Disamping itu, hingga kini jaringan di beberapa desa, terutama tempat sekolah berada, belum masuk jaringan Four Generation (4G) apalagi Telkom.
Hambatan lain yakni, rus listrik belum memadai untuk pengunaan yang memerlukan enerfi tinggi.

“Kita mau paksa siswa untuk bahwa laptop, tapi itu berat. Untuk bayar uang sekolah saja masih kendala. Kondisi ekonomi orang tua siswa belum mampu,” sebutnya.

Dia melanjutkan, terkait kemampuan siswa untuk mengelola laptop (IT) dipastikan bisa. Namun semua terbentur kesiapan fasilitas.

“Saya berharap pemerintah perlu memperhatikan kemampuan ekonomi siswa, dan jika benar-benar akan di laksanakan UNBK di tahun 2019 mendatang, pemerintah juga harus melengkapi fasilitas yang akan digunakan untuk UNBK tersebut,” harapnya. (pisto bere)

Loading...
Baca Juga :   Senin Besok Mutasi di Pemda Belu. Dirumorkan Kadis PK Bertukar Tempat dengan Kaban Penda
Loading...
To Top