EKONOMI

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Malaka akan Bagikan Itik dan Kambing

Diskusi RPM dipimpin Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Pemda Malaka melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Malaka akan meluncurkan program RPM bagi masyarakat, dengan membagikan 5.000 ekor itik dan 500 ekor kambing, dalam tahun anggaran 2018/2019.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malaka, Dr.Yohanes Bernando Seran, SH.M.Hum disela rapat koordinasi Tim RPM Malaka Barat di Fafoe-Kecamatan Malaka Barat, Selasa (19/6/2018) mengatakan, warga Penerima program bantuan itik dan kambing harus menyiapkan pakan ternak bagi itik dan hijauan makanan ternak untuk kambing.

“Luncuran program diatas merupakan komoditi dari Program RPM yang diusung Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran yang dieksekusi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malaka,” ungkapnya.

Dirinya melanjutkan, dalam tahun ini Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan mengadakan 5.000 ekor itik yang diperuntukkan bagi 20 kelompok dan
kambing 500 ekor untuk 20 kelompok penerima manfaat.

“Khusus untuk itik, kelompok penerima manfaat harus menyediakan kandang dan sarana pendukung lainnya.
Kelompok juga diminta menyediakan pakan ternak karena pemerintah hanya sediakan pakan ternak dalam tiga bulan pertama ketika itik diterima kelompok,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk kambing, kelompok juga harus sediakan kandang dan
Hijauan Makanan Ternak sehingga memenuhi kebutuhan pakan kambing.

“Silahkan kelompok siapkan semuanya. Tim teknis dinas akan turun ke lapangan melihat dan memverifikasi. Bantuan itu, hanya diberikan kepada kelompok yang siap sehingga sasaran program dapat berhasil guna dan berdaya guna,” bilangnya.

Baca Juga :   SBS: Musrenbangcam Merupakan Pola Perencanaan Bottom Up

Disebutkan, tahun 2019 Pemda Malaka melalui Dinas Ketahanan Pangan akan mengadakan 1.000 ekor sapi betina untuk dibudidayakan di Rens Kapitan Meo pada lahan 350 hekatere. (pisto bere)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top