RAGAM

Setahun Rusak, Jembatan Kalemil Ambruk Belum Juga Diperbaiki

Inilah kondisi jembatan Kalemil yang ambruk.

ATAMBUA, Kilastimor.com–Jembatan permanen yang terletak di lingkungan Ikunhat, Kalemil, RT 18/RW 04, Kelurahan Manuaman, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat ambruk.

Akibat ambruknya jembatan yang terdapat di jantung Kota Atambua perbatasan Indonesia dan Timor Leste itu, terjadi setahun yang lalu saat musim hujan.

Kondisi tersebut mengakibatkan mobilitas warga terganggu dan hingga kini belum dilakukan perbaikan.

Pantauan media ini, Kamis (19/7/2018) pagi, jembatan dengan panjang sekitar lima meter itu mengalami kerusakan berat.

Guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, warga lingkungan di sekitar jembatan memasang kayu ditengah dan bagian pinggir jembatan yang kondisinya berlubang.

Salah seorang warga yang enggan mau disebutkan namanya ketika ditemui media menuturkan, kondisi jembatan nyaris ambruk sudah setahun lebih saat musim hujan banjir maluap.

“Sudah satu tahun lebih jembatan ini rusak. Kita sudah laporkan tapi tidak ada perbaikan sampai sekarang,” ujar dia.

Selama ini ada beberapa pihak dari Pemkab yakni Dinas PU yang datang melihat kondisi jembatan. Namun tidak ada realisasi sama sekali. “Banyak yang datang, tapi begitu-begitu sa, su musim panas belum ada tindak lanjut,” ujar dia dengan nada kesal.

Senada diungkapkan beberapa warga lainnya, jembatan ini merupakan akses bagi warga di pemukiman Kalemil maupun pemukiman tetangga. Tetapi, akibat ambruknya jembatan warga yang menggunakan kendaraan roda besar terpaksa harus memutar haluan.

Baca Juga :   DPC Demokrat Kabupaten Kupang Gelar Dialog Pendidikan di Amfoang Timur

“Jembatan ini dalam kota dan akses yang banyak dilalui warga, apalagi dalam Kota. Kalau bisa Pemerintah Daerah segera memperbaiki jembatannya,” pinta warga. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top