EKONOMI

Wemasa Bakal Dijadikan Sentra Pengembangan Pemukiman dan Pertanian

Diskusi pengembangan wilayah perbatasan di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Dusun Wemasa, Desa Litamali, Kecamatan Kobalima  Kabupaten Malaka akan dijadikan sentra pengolahan hasil pertanian. Selain itu, sudah diusulkan Wemasa menjadi tempat pelatihan para petani, juga pengembangan pemukiman.
Menurut tim survei dari Kementerian PUPR, Dusun Wemasa sangat berpotensi untuk dijadikan kota kecil di wilayah perbatasan.

Hal tersebut dikatakan oleh camat kobalima, Fransisikus Teti Nahak
ketika mengikuti Diskusi “Rembuk Desa di Kawasan Perbatasan” yang diadakan oleh Kementerian PUPR di aula Kantor Camat Kobalima, Selasa (31/07/18).

Lanjut Frans Teti, bulan lalu pihaknya bersama staf kementerian sudah mensurvei lokasi di delapan desa yang ada di Kecamatan Kobalima. Dan ada beberapa potensi yang dapat kembangkan seperti pertanian dan pariwisata maupun infrastruktur jalan dan jembatan.

Diskusi yang digelar imbuh Teti, untuk mengambil data riil karena sebelumnya mereka mengambil data secara garis besar. Setelah dibahas di kementerian, maka mereka minta membutuhkan data rill dan profil desa, RPJMDes, RKPDes dari masing desa di tiga kecamatan tersebut.

Konsultan Kementrian PUPR, Heri Purnomo kepada kilastimor.com menjelaskan,
pihaknya ditugaskan oleh Kementerian PUPR dalam hal ini Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) untuk menyusun masterplan infrastruktur di kota kecil di Perbatasan RI-RDTL.

“Jadi infrastruktur yang terkait dengan pengembangan ekonomi maupun yang terkait dengan infrastruktur pemukiman akan dibangun. Sehingga kita harus diskusikan dengan para kepala desa yang ada di tiga kecamatan. Diskusi agar kita tahu persis permasalahan ketersediaan lahan dan sumber daya manusia, sehingga kita menyusun konsep infrastruktur untuk ekonomi dan permukimanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jangan sampai kita menyusun pengembangan pertanian jambu mete, tapi ternyata ada komoditas unggulan lain. Akhir salah sasarab,” bilang dia.

Baca Juga :   Polsek Malaka Tengah Razia Sajam

Agar tidak salah sasaran ujarnya, pihaknya langsung cross check di lapangan, guna mengetahui potensi pertanian di sini, sehingga penyediaan infrastrukturnya sesuai kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat harus dibudayakan tidak hanya menerima, tapi harus merencanakan,” pungkas dia. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top