RAGAM

Adaptif, Kacang Hijau Harus Terus di Kembangkan di Malaka

Kadistan Malaka pantau tanaman kacang hijau.

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak meminta warga agar tetap menanam kacang hijau. Pasalnya komoditi ini bisa menjadi sumber pendapatan keluarga yang besar.
“Komoditi kacang hijau dangat menguntungkan petani serta masih banyak manfaat lain dari penanaman komoditi itu,” tutur Kadis Yustinus Nahak kepada media ini, Sabtu (4/8/2018).

Kadis Nahak mengatakan, kacang hijau atau lebih lasim disebut Fore Wehali, tahun 2018 tercatat tertanam hampir 2000 ha, tersebar di 5 Kecamatan besar yaitu Malaka Barat, Weliman, Wewiku, Malaka Tengah dan Kobalima.

“Memang dilihat dari produktivitasnya komoditi ini baru mencapai 1,07 ton per hektar, namun kacang hijau ini tetap dikembangkan karena berkaitan erat dengan budaya dan sejarah manusia Malaka,” ungkapnya.

Dari pantauan pihaknya, kacang hijau yang ditanam saat ini, tampak tumbuh bagus dan diperkirakan akan dipanen pada akhir Agustus hingga pertengahan September. Kekebihan kacang ini adalah sangat adaptif dengan perubahan iklim yang tidak menentu. (edy sumantri)

Baca Juga :   Ketika Gendang Beleq Membuat Masyarakat Belu Terkesima
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top