EKONOMI

Dinas PMD Malaka Latih Kepala Desa Isi Aplikasi Profil Desa

Pose bersama jajaran PMD Malaka dan Provinsi NTT

BETUN, Kilastimor.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Malaka menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pengisian Aplikasi Profil Desa Tahun 2018.
Kegiatan itu berlangsung di Aula Susteran SSpS, Rabu (1/8/18).

Kepala Dinas PMD Malaka, Agustinus Nahak melalui Hendriana Lopo, Kepala Bidang Pemerintahan Desa dalam laporanya mengemukakan, tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini yakni untuk mensosialisasikan dan melatih cara pengisian data dasar keluarga, potensi desa dan tingkat perkembangan desa.

“Melalui kegiatan ini, kita akan mengetahui secara akurat data dasar keluarga, dan mengetahui potensi desa atas data sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana dan pra sarana desa dan mengetahui tingkat perkembangan desa yang mencerminkan keberhasilan pembangunan setiap tahun dan setiap lima tahun diukur dari laju tingkat perkembangan desa atau kelurahan,” jelasnya.

Ketika dijumpai kilastimor.com Kepala Dinas PMD, Agistinus Nahak mengatakan
kegiatan ini penting bagi para kepala desa dan aparatnya untuk mengetahui secara jelas apa yang ada di desanya masing-masing.

“Harapan saya agar Kepala Desa dan aparatnya bisa mempelajarinya sehingga bisa mampu menerapkan ilmu ini dengan baik dan tepat,” jelas dia.

Pada tempat yang sama, Sarabiti Abdul Fatah, Kabid Pemerintahan Desa, Dinas PMD Provinsi NTT kepada kilastimor.com mengatakan kegiatan ini dalam rangka pelatihan meningkatkan kapasitas untuk kepala desa, perangkat desa dan BPD. Kegiatan ini sangat penting sebab para kades setelah dilantik, mereka tidak mendapat peningkatan kapasitas secara bagus, padahal tugas mereka sangat berat.

Baca Juga :   Ingin Jadi Caleg, Ketua KPU TTU Resmi Diberhentikan

“Setelah dilantik tiga bulan mereka harus menyusun RPJMDes dan aplikasi setiap tahun harus menyusun RKPEDes.
Dan untuk keuangan setiap tahun harus menyusun APBEDes,” paparnya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, bersentuhan langsung dengan hal-hal teknis tentang pentingnya Profil Desa (Prodeskel) dan pemanfaatan potensi lokal desa masing-masing, yang disampaikan Wildrian Ronald Otta, Lurah Naikoten 2, Kupang. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top