EKONOMI

Dukung Budidaya Bawang Merah, Distan Malaka Adakan Sumur Bor dan Mesin Pompa Air

Yustinus Nahak

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan siap melakukan intervensi pengembangan bawang merah.

Salah satu langkah nyata yakni mengadakan mesin pompa air dan sumur bor untuk melancarkan upaya petani membudidayakan bawang.

Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Kamis (2/8/2018) menyebutkan, mulai tahun 2019, dalam perencanaan selain pengadaan bibit bawang, pupuk dan obat-obatan, Distan Malaka akan memasukkan juga pengadaan mesin pompa air, sumur bor dalam satu paket program sehingga bisa mengatasi kesulitan petani terkait pasokan air.

Sesuai arahan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran beberapa waktu lalu, dinas harus menjamin ketersediaan air penyiraman bawang maupun kebutuhan petani lainnya.

“Solusi jangka pendek kita sudah mengatasi kesulitan petani bawang dengan membantu sarana penyedot air berupa mesin pompa agar memudahkan petani menyiram tanamannya,” paparnya.

Dikemukakan, pihaknya sudah keliling dan bertemu petani bawang. Ternyata memang benar petani masih kesulitan air untuk melakukan penyiraman.

“Untuk tahun 2019, dalam perencanaan kita akan masukkan juga pengadaan mesin pompa air dan pengadaan sumur bor bagi kelompok tani yang membutuhkan,” sergahnya.

Bagi petani yang lokasi kebunnya di bantaran sungai sebutnya, akan diintervensi dengan mesin dan alat penyedot sehingga bisa langsung menyedot air dari sungai menuju kebun bawang. Sedangkan lainnya disiapkan sumur bor.

Baca Juga :   15 Tim ETMC Sudah Jalani Pengecekan Keabsahan Pemain. Panitia: Kita Tunggu 6 Club Lain

Pihaknya akan terus membangun komunikasi dengan petani dan tim pakar RPM terkait kebutuhan petani bawang dan mengidentifikasi persoalan yang mereka hadapi guna dicarikan solusi. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top