RAGAM

Elfridus Bangga Wakili Siswa Malaka ke Manado. “Mari Lestarikan Budaya Kita”

Elfridua dan peserta lain diwawancara pada Festival Tomohon.

BETUN, Kilastimor.com-Elfridus Bria, siswa kelas XI SMAN Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka merasa bangga karena bisa dipercaya mewakili Kabupaten Malaka bersama 25 siswa lainnya mengikuti kegiatan “Siswa Mengenal Nusantara” di Manado, Sulawesi Utara belum lama ini.

“Saya sangat terkesan saat mengikuti berbagai kegiatan. Hal yang paling menarik bagi saya saat berkunjung di SMAN 9 Manado. Ternyata penerapan kurikulumnya bagus, dan sebagai sekolah rujukan sama dengan apa yang sudah dijalankan di SMAN Harekakae,” jelas Elfridus Bria kepada wartawan di SMAN Harekakae, Betun, Senin (27/8/2018).

Elfridus mengatakan, kegiatan Siswa Mengenal Nusantara yang diikutinya bersama delegasi NTT lainnya di Manado, pada intinya untuk menanamkan rasa cinta akan kekhasan-kekhasan yang ada disetiap daerah di Nusantara.

“Delegasi dari Provinsi NTT totalnya 28 orang, terdiri dari 22 siswa delegasi Kabupaten/Kota di NTT, 3 orang dari SLB Kota Kupang, 3 orang guru,” paparnya.

Dijelaskan, selama berada di Manado mereka mengunjungi tempat-tempat Pariwisata melihat hal-hal unik dan sejumlah ciri khas disana.

”Kami mengunjungi Festival Tomohon dan itu hanya ada di Manado dan tidak ada ditempat lain di Indonesia,” tambahnya.

Yang paling terkesan ujarnya, ketika pihaknya berkunjung di Pasar Ekstrim dimana disana dijual daging tikus dan ular, yang gemar makan masyarakat disana.

Ketika ditanya apa saja ilmu pengetahuan yang dibawa pulang selama mengikuti kegiatan di Manado, Elfridus mengatakan,
ada beberapa hal yang menjadi sentral perhatian selama mengikuti kegiatan disana.
Pertama, Generasi muda Malaka harus cinta akan kekhasan yang dimiliki termasuk melestarikannya seperti budaya likurai, bidu dan seni budaya lainnya yang menjadi kekhasan Malaka dan Belu.
Kedua, Siswa harus patuh menjalankan aturan sebagai Sekolah Rujukan karena itu berlaku secara nasional dan sudah dilakukan juga saudara-saudara di Sulut”

Baca Juga :   Wali Kota Kupang Terima Tiga Sertifikat SNI ISO 9001:2015 dari BSN dan Sucofindo

Dia berharap dengan kegiatan yang diikutinya, bisa memotivasi generasi muda Malaka khususnya di SMAN Harekakae, untuk belajar dan menyiapkan diri agar siap ketika dipercaya sekolah mewakili Malaka di tingkat provinsi dan luar provinsi NTT dalam berbagai even mewakili sekolah dan daerah. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top