EKONOMI

Luar Biasa…Hasil Panen Bawang Merah di Lamudur Lampaui Genetik Varietas Bima Brebes

Panen bawang merah di Desa Lamudur.

BETUN, Kilastimor.com-Petani Desa Lamudur yang pertama kali menanam bawang merah sebagai tindak lanjut dari program RPM berhasil mencapai produktivitas tertinggi.
Dimana bawang merah yang ditanam begitu luar biasa dan mencapai 17 ton per hektare, saat panen Rabu (15/8/2018). Angka produkai ini melampaui potensi genetik varietas Bima Brebes yaitu 16 ton per hektar.

Demikian Ketua Tim Pakar RPM, Dr. Herry Kotta bersama rekannya melakukan panen bersama di lahan petani Elim Lasiko seluas 0.5 hektar.

Dikatakan, ini tingkat produktivitas yang luar biasa, dan perlu dikembangkan terus pada masa mendatang. “Ini luar biasa karena melampaui genetik varietas Bima Brebes,” tuturnya.

Sementara itu, Penyuluh Lapangan, Anton Seran menyebutkan, saat ini bawang merah yang siap panen di Desa Lamudur seluas 5 hektare, yang melibatkan 20 anggota petani.

“Semua petani merasa terbantu dan senang dengan capaian ini. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH, melalui Program RPM yang langsung menyentuh petani. Ini fakta, yang dilihat dan dirasakan langsung oleh rakyat,” kata Seran.

Dengan panen perdana ini, para petani mulai berpengalaman menanam dan memanen bawang merah. (edy sumantri)

Baca Juga :   Untuk Gelar UNBK, Ini yang Dilakukan SMP Santu Xaverius Puteri Kefamenanu
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top