RAGAM

Per 1 September 2018, Patung Bunda Maria Dibawa Keliling ke 17 Paroki di Malaka

Inilah Perarakan Besar Malaka tahun 2016 lalu.

BETUN, Kilastimor.com-Rangkaian Perarakan Besar Malaka bakal segera dimulai. Per 1 September nanti, Patung Bunda Maria akan dibawa dan mengunjungi 17 Paroki di Kabupaten Malaka.
Demikian Ketua Panitia Perarakan Besar Malaka, Petrus Bria Seran ketika dijumpai media ini di Betun, Sabtu (25/8/18).

Pelaksanaan Perararakan
Besar Malaka merupakan tradisi budaya yang diwariskan leluhur kepada semua di setiap dua tahun sekali, pada tahun Genap. Perarakan besar ini sendiri telah digelar sejak tahun 1958.

Lanjut Pit Bria sapaan karibnya, pihaknya sudah melaksanakan rapat panitia, terkait persiapan terkait momen tersebut.

Sesuai keputusan bersama, ujarnya, pada 1 September mendatang, patung Bunda akan berkunjung ke 17 paroki yang berada di Dekenat Malaka. Di setiap Paroki Patung Bunda Maria akan bermalam selama empat hari untuk paroki kecil dan paroki besar selama lima hari. Selanjutnya kembali ke pusat Dekenat pada 5 Oktober.

Masih menurutnya, selain membahas persiapan dalam rangka menyongsong perarakan akbar ini, pihaknya juga membahas beberapa kompetisi sebagai rakaian perarakan besar yaitu, pertandingan bola kaki
antar paroki, bola voly putra dan putri, tarik tambang antar SMA/SMK, lomba lari 10 km, Lomba sepeda gembira pertandingan kasti antar SD dan antar SMP, serta
lomba gerak jalan antar SD juga antar SMP.

Sedangkan kesenian imbuhnya, ada likurai, tebe, tala, akabiluk, bidu antar paroki dan antar sekolah, usai perarakan pada bulan Oktober.

Baca Juga :   SBS: Cross Border untuk Promosi Pariwisata Malaka

Imbuh Kadis PKPO Malaka itu, pada 29 Oktober malam, pesta kembang api di Desa Lamea, Kecamatan Wewiku, dan pada 30 Oktober malam, ziarah keliling di kota Betun bersama patung Bunda Maria. Kemudian dilanjutkan dengan pesta kembang api di Dekenat Malaka.

“Acara misa puncaknya pada 31 oktober dilanjutkan makan adat bersama. Inilah wisata religius di Malaka,” tuntasnya.(edi sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top