EKONOMI

Tim Pakar RPM Pantau Persiapan Penanaman Bawang Merah di Sejumlah Kecamatan

Tim pakar RPM pantau lahan bawang merah di Fatoin.

BETUN, Kilastimor.com-Tim Pakar Revolusi Pertanian Malaka (RPM) terus menunjukan keseriusan menyiapkan petani untuk budidaya bawang, baik dari Pemda Malaka maupun bantuan dari Pemerintah Pusat. Disamping menggelar Fokus Grup Diskusi (FGD) dan sosialisasi, tim pakar meninjau langsung di lapangan terkait persiapan penanamam mulai pengolahan lahan, ketersediaan benih, pupuk, obat-obatan dan sarana irigasi.

Tim pakar menginginkan petani bisa
menanam sesuai standar teknis budidaya bawang yang ditetapkan.

Ketua Tim Pakar RPM, Heri Kotta kepada wartawan di Betun, Rabu (1/8-2018) mengemukakan, pada Selasa (31/7/2018) tim pakar dibagi menjadi dua tim yang bertugas di kecamatan yang berbeda.

“Tim pertama, Dr. Wilhelmus Mella dan Ir. Maria Bano, MP, memantau dan mendampingi kelompok tani di Desa Bakiruk, Naimana, Fahiluka dan Lawalu di Kecamatan Malaka Tengah seluas 25 ha,” jelasnya.

Sementara, Tim kedua, Ir. Jhon Aleks Doko dan Dr. Ben de Rosari memantau dan mendampingi poktan di Desa Builaran, Umutnana, Kecamatan Sasitamean dengan luas areal tabam 15 hektare. Untuk
Kecamatan Iokufeu di Desa Kufeu dan Fatoin seluas 10 hektare.

Dalam pendampingan bilang dia, pihaknya mengidentifikasi berbagai persoalan yang dihadapi petani dan dikoordinasikan dengan dinas teknis terkait, baik di Propinsi dan Kabupaten.
”Terkait kekurangan distribusi pupuk dan fungisida, tim Pakar sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi NTT, dan mendapatkan respon positif Kadis. Kadis berjanji segera berkoordinasi dengan pihak ketiga agar segera dipenuhi dalam waktu dekat,” tuturnya.

Baca Juga :   PS Malaka Kian Dekat Perdelapan Final ETMC 2019

Soal kekurangan air irigasi, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, tim pakar juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Malaka agar menyiapkan sumur bor dan mesin pompa air, guna memudahkan penyiraman bawang yang dibudidaya.

Sesuai rencana paparnya, sejumlah poktan di Malaka, telah siap menanam dan terhitung hari ini melakukan penanaman secara serentak. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top