RAGAM

40.200 Warga Malaka Belum Rekam KTP-e

Ferdynandus Rame

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak 40.200 penduduk Kabupaten Malaka belum merekam Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e)
dari total wajib e-KTP 142.099 orang. Penduduk yang sudah merekam e-KTP sebanyak 101.899 orang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Malaka, Ferdynandus Rame kepada wartawan, di Kantor Bupati Malaka Senin (17/9/2018).

Menurut Ferdy Rame sapaan karibnya, pelayanan perekaman KTP-e dilakukan setiap hari di kantor Dukcapil namun sampai dengan saat ini masih 40.200 penduduk yang belum melakukan perekaman dari total wajib KTP-e 142.099.
Penduduk yang sudah merekam KTP-e sebanyak 101.899 orang.

Terhadap kondisi ini, Disdukcapil akan melakukan pelayanan jemput bola dengan cara mengunjungi wilayah kecamatan untuk merekam KTP-e. Dalam pelayanan seperti ini diharapkan dukungan dan kerja sama dari masyarakat agar saat pelayanan perekaman, penduduk bisa hadir karena pelayanan yang turun langsung ke masyarakat tidak setiap hari. 

Ferdy Rame mengatakan, penduduk yang sudah merekam KTP-e namun belum mendapatkan fisik KTP diharapkan untuk bersabar. Bagi penduduk yang belum mendapatkan KTP bisa diberi surat keterangan (Suket) penduduk agar bisa dipergunakan untuk suatu keperluan.

Surat keterangan tersebut berisi data kependudukan yang sudah masuk dalam aplikasi atau sesuai data dalam KTP. 

“Orang yang belum dapat KTP kita berikan suket yang sudah dalam aplikasi. Datanya sama dengan KTP, ini hanya beda bentuk saja,” kata Ferdynandus.

Baca Juga :   Sony Xperia Z4 Full HD

Ferdy Rame mengatakan, dinas terus berupaya untuk melakukan perekaman e-KTP bagi penduduk yang saat ini belum direkam. Apalagi menjelang pemilihan presiden dan legislatif.

Terkait persedian sarana dan fasilitas pendukung lainnya, Ferdy mengatakan, persedian fasilitas pendukung seperti tinta, server dan filem terus dianggarkan setiap tahun oleh pemerintah daerah. Sedangkan blangko KTP merupakan tanggungan pemerintah pusat melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Kementerian Dalam Negeri. (edy sumantri) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top