HEADLINE

Kornas Hadiri HUT ke-25 THS-THM di Distrik Atambua

Perayaan HUT ke-25 THS-THM Distrik Atambua.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Koordinator Nasional (Kornas) THS-THM, Maria Selastiningsih, SE, Akt, CFT menghadiri perayaan HUT THS ke-33 dan THM ke-32 dan 25 tahun hadirnya THS-THM di Keuskupan Atambua yang jatuh pada 10 November 2018.

Kedatangan Kornas bersama Dewan Pendiri THS-THM Rm. RD. Ag. Luhur Prihadi dan Koordinator Pelatih Nasional, Yohanes Edison Boru pada Jumat (9/11/2018) disambut kurang lebih 4.000 anggota THS-THM Distrik Keuskupan Atambua.

Kornas bersama Dewan Pendiri disambut di Batas Kota Atambua dan diarak menuju Simpang Lima Atambua. Robongan kembali diarak dengan drumben yang dibawakan oleh Unit Latihan Khusus SLTP HTM Halilulik dan tarian likurai yang dibawakan oleh anggota THS Dekenat Malaka. Setiba di Depan Gereja Katedral Atambua, rombongan disambut dengan sapaan adat Hase Hawaka. Acara dilanjutkan dengan ibadat bersama dan malam pentas seni.

Pada puncak acara HUT, diadakan Upacara bendera yang dipimpin oleh Koordinator THS-THM Distrik Keuskupan Atambua, Dominikus M. Bele. Kornas mengambil peran sebagai Inspektur Upacara. Pada Upacara itu, para Dewan Pendiri menyerahkan Bendera Baru sesuai Konstitusi diserahkan Perdana kepada Ketua Koordinator Nasional dan diserahkan secara langsung dan bersamaan logo baru menggantikan logo lama, maka bendera lama dan logo lama telah dicabut dan diambil oleh para DP, sehingga distrik atambua hanya memiliki 1 (satu) buah bendera THS-THM yang disimpan Oleh Koordinator Distrik Atambua.

Selanjutnya seluruh anggota membakar 1.000 lilin dan melewati target dari perencanaan. Acara ditutup dengan tebe bersama.

Rm. RD. A.G. Luhur Prihadi yang ditemui awak media di sela acara tersebut menuturkan bahwa Keuskupan Atambua adalah bagian dari gereja universal, maka THS-THM semoga menjadi lambang kebersamaan dan kesatuan dalam keberagaman, termasuk Atambua yang juga merupakan bagian dari Indonesia.

Tema ulang tahun adalah BERAKAR DAN BERALAS DALAM KASIH ALLAH”
“Kesatuan dimulai dari hati, itulah tunggal Hati. Dari situlah akan muncul upaya-upaya tindakan menyatukan, sehingga segala perkara dapat diselesaikan dengan hati. Itulah nilai yang diandalkan dalam THS-THM,” ujarnya.

Menurutnya, perjalanan THS-THM di Keuskupan Atambua memiliki sejarah yang cukup panjang. Ada banyak kendala, namun karya Allah bisa menyelesaikan semuanya.

THS-THM tumbuh dalam perjalanan waktu. Karena itu, semua permasalahan yang dialami oleh THS-THM bukanlah sebuah hal yang final, tapi semua adalah sebuah proses yang terus berlangsung dari waktu ke waktu. Karena itu, kita hanya dapat percaya bahwa Tuhan akan membuat semuanya indah pada waktunya.

“Kalau ada kesulitan dan persoalan, maka kita harus terus menjalaninya dengan menunjukan apa yang baik, terlebih pada gereja,” ujarnya.

Rm. Luhur berpesan sebagai beranda depan bangsa Indonesia, THS-THM Keuskupan Atambua harus menyadari bahwa Gereja Katolik adalah gereja yang universal. Karena itu, kerja sama universal juga harus terjadi di Indonesia. Pengembangan ke mana pun baik lintas batas harus berlandaskan pada jiwa dan roh organisasi sebagaimana yang telah dilakukan Rasul Paulus dulu menjadi guru segala bangsa, mewartakan kabar gembira ke lintas negara, lintas bangsa.

Kornas THS-THM Maria Selastiningsih, SE, Akt, CFT kepada awak media menuturkan bahwa THS-THM Distrik Atambua saat ini menjadi barometer bagi THS-THM yang ada di seluruh Indonesia. Karena itu, beliau berharap agar THS-THM di Keuskupan Atambua harus menjadi contoh bagi THS-THM yang ada di Distrik lain.

Wanita yang akrab disapa Nining itu mengakui bahwa THS-THM Distrik Atambua sebagai THS yang besar. Hal itu dipandang dari sisi jumlah anggota, Totalitas, dan mentalitas para anggotanya.

Nining berharap, pada usia ke-25 THS-THM hadir di Keuskupan Atambua, THS-THM Distrik Atambua semakin lebih baik dan lebih maju. “Atambua, selamat ulang tahun! Sukses selalu menjadi lebih baik, lebih baik, dan lebih baik,” tuturnya. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top