RAGAM

Ndolu: DPRD Malaka Dapat Banyak Pengetahuan dalam Bimtek

Bimtek DPRD Malaka di Jakarta.

BETUN, Kilastimor.com-Pimpinan dan anggota DPRD Malaka mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dengan tema Clean Government dan Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan Bimtek ini diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Nasional. Kegiatan berlangsung selama lima hari terhitung Kamis (15/11/2019) di Aula Hotel 88 Taman Sari, Jakarta.

Bimtek ini dilakukan dengan tujuan adalah peningkatan kapasitas dan pendalaman tugas yang berkesinambungan dan terencana berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Materi-materi yang disampaikan adalah optimalisasi peran dan fungsi pengawasan DPRD berwawasan clean government, pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2019 sesuai dengan Permendagri No. 38 Tahun 2018. Selain itu, Pengelolaan Belanja Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD sesuai dengan Permendagri No. 13 Tahun 2018.

Materi lainnya yakni Pedoman Pengelolaan BUMD dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, Pedoman Pengaturan Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Wakil Ketua DPRD Malaka, Devi Hemin Ndolu via telpon kepada wartawan, Minggu (18/11/2018) menjelaskan bimtek di Aula Hotel 88 Taman Sari, Jakarta, pada Jumat (15/11/2018) yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Nasional ini sangat bermanfaat bagi anggota DPRD Malaka.

Baca Juga :   Revolusi KIA Tetap Dilanjutkan SBS-DA di Malaka

DPRD mendapat pengetahuan banyak selama kegiatan yang meliputi alur penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019, pengelolaan belanja hibah dan bantuan sosial serta clean government. Kemudian, mengetahui alur penyusunan dokumen seperti RPJMD, RKPD, KUA-PPAS dan RAPBD.

Selain itu, lewat bimtek tersebut DPRD dapat mengetahui secara detail mekanisme penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK), tujuan dan fungsi pengalokasian DAK, jenis-jenis DAK, intansi atau OPD penerima DAK, kebijakan dana bagi hasil pajak dan pemanfaatan dana desa.

Devi Ndolu mengaku senang dengan anggota DPRD Malaka yang aktif dalam berdiskusi untuk pendalaman materi. Ia berharap kepada anggota DPRD agar pengetahuan yang didapat selama bimtek bisa menjadi bekal untuk dalam menjalankan tugas dan fungsi DPRD.

“Saya berharap ketika pulang dan saat sidang nanti, masing-masing anggota sudah memahami mekanismenya,” harap politisi PDIP ini.

Anggota DPRD Malaka, Ignasius Fahik, Dodi Tey Seran, Hendrikus Fahik, Marieta Teti mengatakan, kegiatan Bimtek tersebut sangat bagus dan bermanfaat bagi anggota DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top