EKONOMI

Penanaman Padi di Malaka Ditargetkan 7.500 Hektare

Yustinus Nahak

BETUN, Kilastimor.com-Penanaman padi musim tanam pertama tahun 2018/2019 ditargetkan seluas 7.500 hektare.
Khusus untuk lahan RPM seluas 750 hektare.
Para petani diminta mengoptimalkan penanaman pada MT 1 tahun ini sesuai target yang ada.

Sedangkan untuk musim tanam kedua dan ketiga, petani diminta tanam tanama palawija dan sayur-sayuran memanfaatkan kelembaban yang ada.
Kadistan Malaka, Yustinus Nahak mengatakan hal itu kepada wartawan di Betun, Kamis (15/11/2018).

Yus Nahak sapaan akrabnya mengatakan, petani lahan basah dalam MT 1 2018/2019 harus mengoptimalkan penanaman padi, memanfaatkan musim hujan yang ada agar tidak kekurangan air.

“Tidak ada pilihan lain kecuali memanfaatkan peluang penanaman pada musim hujan tahun ini. Karena sesuai pengalaman tahun-tahun sebelumnya pada MT 2 dan 3 petani kekurangan pasokan air dari irigasi, akibat debit air di sungai Benenain menurun,” sambungnya.

Petugas Distan sementara melakukan pemetaan lokasi agar pada MT 2. Petani bisa tanam palawija dan sayur-sayuran pada lahan yang sulit dan kekurangan air.

“Kacang hijau bisa ditanam pada lahan persawahan pada MT 2 memanfaatkan kelembapan tanah di sawah dan berpeluang bisa berhasil baik,” pintanya.

Menyoal bibit dan pupuk, mantan Camat Malaka Barat itu menyebutkan, pihaknya sudah dimendistribusikan kepada kelompok tani untuk program RPM. Petani tinggal menunggu musim hujan untuk pengolahan lahan dan penanaman. (edy sumantri)

Baca Juga :   Danlantamal VII: Kedaulatan Negara Harus Terus Dijaga
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top