EKONOMI

Siapkan Petani Jelang Musim Tanam, Tim Pakar RPM Gelar Sosialisasi

Herry Kotta

BETUN, Kilastimor.com-Memasuki musim tanam (MT) pertama 2018/2019, Tim Pakar RPM yang dipimpin, Dr. Herry Kotta mulai melakukan sosialisasi budidaya tanaman jagung dalam model tata tanam double track. Sosialisasi itu mulai dilakukan Senin (12/11) dan seterusnya.

“Memasuki MT I 2018/2019 ini petani harus disiapkan dengan penyampaian inovasi,terutama teknik budidaya, terutama jagung menggunakan tata tanam double track,” kata Dr Herry.

Mengapa double track, urai dia, karena sudah terbukti dapat meningkatkan produksi dan produktivitas jagung. Apabila ini tercapai dalam musim tanam ini, maka ketahanan pangan masyarakat Malaka akan lebih baik.

“Semua desa yang belum pernah disosialisasi inovasi ini akan dikunjungi oleh tim pakar. Diharapkan semua desa yang tanahnya telah diolah mendapat sosialisasi ini,” katanya.

Terhitung Senin hari ini, pihaknya mulai di Desa Rabasa dan Desa Lasaen, Kecamatan Malaka Barat. Besok di desa-desa di gunung dan seterusnya” jelas Dr Herry.

Data dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, sampai 8 November jumlah luas lahan kering yang sudah olah ditraktor 2.401,16 ha. Luas lahan itu tersebar pada 12 kecamatan di Kabupaten Malaka.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan Malaka, Ir  Yustinus Nahak, MSi, diharapkan semuanya sudah siap termasuk sarana produksi lainnya yaitu benih dan pupuk.

“Hari ini Tim Pakar telah melakukan sosialisasi tanam jagung double track, sehingga pada waktu memasuki musim tanam, semua sudah siap termasuk pengetahuan petani terhadap inovasi tata tanam dan teknik budidaya lainnya. Kita harapkan dan doakan semoga hujan dan cuaca baik serta mendukung di tahun ini,” jelas Yustinus. (edy sumantri)

Baca Juga :   Pemda Belu Tak Pelit Terbitkan Izin Operasional SMP
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top