RAGAM

Bangun Kota Kupang, Pemkot Bangun Kerja Sama dengan Sejumlah Lembaga

KUPANG, Kilastimor.com-Pemerintah Kota Kupang menggelar rapat fasilitasi penyelenggaraan kerjasama antar pemerintah bagi pihak ketiga di Hotel In The Rock Kupang, Rabu (12/12/2018).
Tema kegiatan itu yakni “Kolaborasi kerja sama daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik”.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, BUMN, BUMND,perguruan tinggi, media massa, masyarakat, LSM dan Non Government Organization (NGO) dengan menghadirkan dua nara sumber yang sangat berkompeten dibidangnya yakni Biro Kerja Sama Setda Provinsi NTT, dengan materi berjudul kerja sama daerah dalam perspektif peraturan pemerintah nomor 28 tahun 2018. Dan akademisi Undana, Dr. Jemi Eoh, MS dengan materi membangun pemerintah kolaborat.

Kepala Bagian Kerja Sama Kota Kupang, Debora Panie menyampaikan, pemerintah daerah dapat menerapkan kebijakan lokal, dengan memaksimalkan pelayanan publik melalui kordinasi dan kerja sama untuk membangun daerahnya demi kesejateraan masyarakat.

Keterlibatan berbagai pihak merupakan peran yang sangat penting untuk membantu pemerintah, karena tidak semua aktivitas pembangunan maupun pelayanan publik dapat dikerjakan sendiri, karena perintah juga memiliki keterbatasan keahlian SDM dan finansial.

Disebutkan, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penyelenggaraan kerja sama tersebut, pemerintah daerah harus mencari solusi atas persoalan dengan melibatkan berbagai stakeholder tujuannya untuk membangun.

Lanjutnya, rapat fasilitasi ini untuk menyamakan persepsi tentang arah pembangunan Kota Kupang berkelanjutan melalui kolaborasi kerja sama dalam rangka peningkatan pelayannan publik, sesuai dengan payung hukum yang jelas mengenai tanggung jawab masing-masing dalam waktu tertentu.

Baca Juga :   Kecamatan Malaka Tengah Gelar Lomba Jagung dan Padi

Hal ini tentu sudah mempertimbangkan efektifitas, efisien dan saling menguntungkan dan akan dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan prosedur penyusunan nota kesepakatan dan perjanjian kerja sama. (sani asa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top