EKONOMI

Bernando Seran: Masyarakat Harus Dukung Malaka Sebagai Sentra Produksi Garam

Yohanes Bernando Seran

BETUN, Kilastimor.com-Masyarakat Kabupaten Malaka harus memberikan dukungan untuk pengembangan usaha ladang garam di wilayah ini.
Ini pikiran Gubernur NTT untuk mengoptimalkan pengelolaan pesisir pantai dan Malaka sebagai salah satu sentra produksi garam nasional.
Rakyat juga harus paham aturan bahwa Daerah Pesisir sepanjang pantai 200 meter dari pasang terluar itu milik pemerintah. Itu ada regulasinya sehingga mau bangun apa saja itu urusan pemerintah. Tidak ada milik individu. “Jadi tidak boleh ada klaim pribadi. Didalam konvensi Jenewa tahun 1948 sudah diatur tentang persoalan tanah di pesisir pantai,” terang Kadis Ketahanan Pangan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malaka, Dr. Yohanes Bernando Seran, SH, M.Hum di Betun, Rabu (5/12/2018).

Dikatakan, kalau masyarakat Malaka ikut pikiran Gubernur, pasti akan bagus dan investasi akan meningkat di Malaka. Gubernur sudah lapor ke Wapres, untuk kebutuhan garam nasional akan dihendel dari Malaka.

“Jadi pikiran baik Gubernur harusnya kita dukung karena akan memberikan asas manfaat bagi semua pihak. Rakyat bisa dapat hasil, pemerintah juga bisa dapat PAD dan pengusaha juga bisa mendapat hasil dari usaha garam yang dibangun,” sambungnya.

Menurut dia, tidak ada pemerintah yang bekerja menyusahkan rakyatnya. “Jadi tidak usah bastel bahwa itu tanah milik pribadi,” papar dia Doktor Hukum Internasional itu.

Kebutuhan garam nasional, bilang dia, akan dipasok dari Malaka sehingga semua pihak harus dukung rencana yang briliant ini.

Baca Juga :   Ketua Komisi V DPR RI Tinjau Rumdis Polres Belu

“Saya omong ini kapasitas saya sebagai kadis kelautan yang juga menangani wilayah pesisir pantai, sehingga wajib memberikan pencerahan kepada masyarakat agar tidak termakan isu yang menyesatkan dan menyengsarakan rakyat,” katanya.

Pemerintah ujarnya, juga mau dikritik tetapi harus ada solusi supaya dipertimbangkan. Tetapi kalau protes dengan cara “inufofi” kita akan jalan terus untuk percepatan kemamuran rakyat Malaka,” tuntasnya. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top