RAGAM

Pemda Malaka Resmi Launching Germas

Peluncuran Germas di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka dr.Stefanus Bria Seran, MPH, melalui Asisten II Sekda Malaka, Sivester leto mengatakan, masyarakat yang sehat merupakan wujud Kedalautan dan ketangguhan suatu bangsa yang memiliki derajat kesehatan yang tinggi, baik secara fisik, mental dan sosial serta memiliki produkfitas yang tinggi.

Berbagai studi katanya, menunjukan terjadi korelasi yang positif antara derajat kesehatan masyarakat dengan produktifitas. Karena itu, kesehatan merupakan pelayanan mendasar, selain pendidikan.

“Jadi kalau orang sakit-sakitan tidak akan bisa berbuat sesuatu, sehingga produktifitas menjadi rendah,” bilang Silvester Leto saat melaunching Germas di Kabupaten Malaka.

Dikemukakan, pendidikan sudah diamanatkan oleh UUD mendapat alokasi anggaran 20 persen setiap tahun, baik itu APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/kota. Dia berharap bidang kesehatan juga mendekati angka dibidang pendidikan.

“Kita ketahui bersama, hanya Kabupaten Malaka yang lebih mementingkan  kesehatan yang diprogram dalam lima program prioritas dan tinggal bagaimana kita mengimplementasikan. Kita menjadi pelaksan bukan hanya mendukung. Karena itu terjun langsung menjadi pelaksananya. Semua stakeholder harus berperan aktif,” tuturnya. 

Dia berpesan jangan sampai masyarakat  meninggal karena penyakit ringan. Kalau sampai demikian, ini merupakan kegagalan kita semua karena kita kurang mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Tentunya ini tanggung jawab di bidang Kesehatan.

Kasi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sarlyna menjelaskan, germas merupakan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017
dimana masyarakat harus hidup sehat.

Baca Juga :   Gubernur NTT, Ketua Komisi V DPR RI Ground Breaking Rusunawa Unwira Kupang

“Semua dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya
promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas
penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan
akibat penyakit,” tuturnya. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top