HEADLINE

Dinkes Malaka Beri Pelatihan Tata Naskah Dinas

Paskalia Frida Fahik

BETUN, Kilastimor.com-Tata naskah dinas ini merupakan hal penting dalam birokrasi termasuk puskesmas-puskesmas di Malaka. Hal ini dimaksudkan agar dilaporkan sesuai dengan standar yang berlaku.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, Paskalia Frida Fahik kepada media ini usai membuka pelatihan tata naskah dinas di Hotel Cinta Damai Betun, Kamis (10/1/2019).

Lanjut Paskalia, kegiatan tersebut untuk menyegarkan kembali para petugas kesehatan dari puskesmas-puskesmas di Kabupaten Malaka dalam membuat tata naskah dinas. Ada 81 format yang harus diisi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas untuk dikirim ke dinas.

“Tata naskah dinas ini kita sudah lakukan tetapi mungkin ada yang belum pas, misalnya suratnya, isinya seperti apa. Pengelolaan arsip bagimana supaya yang kita buat itu sesuai dengan tata naskah dinas,” katanya.

Lanjut Paskalia, dalam kegiatan ini juga dinas kesehatan bersama pimpinan puskesmas melakukan evaluasi sistem informasi kesehatan daerah (Sikda).
Ditambahkan, penataan naskah dinas dan evaluasi Sikda ini juga memiliki hubungan dan persiapan akreditasi puskesmas.

Ditanya mengenai akreditasi puskesmas di Malaka, Paskalia mengatakan, tahun 2018 ada 12 puskesmas yang sudah di survey tim akreditasi dan ada empat puskesmas yang sudah diumumkan lulus akreditasi tingkat madya yakni, Puskesmas Fahiluka, Kaputu, Uabau dan Puskesmas Nurobo.

Sedangkan delapan puskesmas yang masih menunggu hasil akreditasi yaitu, Puskesmas Biuduk Foho, Wekmidar, Tafuli, Alas, Sarina, Tunabesi, Seon dan Puskesmas Weliman.

Untuk tahun 2019, Dinkes mengusulkan lagi empat puskesmas untuk disurvei tim akreditasi yakni, Puskesmas Oekmurak, Alkani, Babulu dan Puskesmas Bani-bani. Total puskesmas di Kabupaten malaka  sebanyak 20.

Paskalia mengatakan, akreditasi bukan akhir dari semua tetapi merupakan awal untuk memulai pelayanan kesehatan yang berstandar. (edy Sumantri)

Komentar
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top