RAGAM

169 Mahasiswa Ikut MPAB Immala Kupang

MPAB Immala

KUPANG, Kilastimor.com-Ikatan Mahasiswa Malaka (Immala) Kupang merupakan organisasi pengkaderan yang berdiri sejak tahun 2000 di Kota Kupang. Organisasi ini telah dikenal dikalangan mahasiswa bahkan publik NTT karena setiap tahun selalu melakukan agenda rutinitas dan pengkaderan kader demi kemajuan Kabupaten Malaka.

Ketua panitia, Yohnes P. A. Manek dalam laporanya menyampaikan, mahasiswa harus mampu menempatkan diri sebagai agen of change (pembawa perubahan) social controler (pengontrol sosial) iron stock (calon pemimpin) yang merupakan tiga cerminan dari peranan mahasiswa.
Oleh karenanya, mahasiswa harus dipersiapkan sejak dini melalui kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas diri agar mahasiswa mampu berfikir kritis, kreatif dan inovatif dalam berbagai persoalan yang terjadi dilingkungan masyarakat.

Kegiatan ini menuturnya, akan berlangsung dari 27 Februari hingga 3 Maret 2019 di Oematnunu Kupang. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 169 orang.

Sementara itu, Ketua Umum Immala Kupang, Marius Bisik Luan dalam sambutannya saat pembukaan MPAB mengatakan, kader hari ini adalah pemimpin masa depan. Maka mahasiswa yang menyandang diri sebagai agen of change harus mampu menjadi kader yang berkadar. Tidak hanya dibidang pendidikan tetapi harus diseluruh bidang kehidupan, sebab mahasiswa adalah garda terdepan dalam pembangunan bangsa ini.

Semangat perubahan dan pembaharuan dalam diri para mahasiswa ujarnya, biasanya diciptakan melalui kegiatan-kegiatan ekstra kampus seperti ini, yang digelar oleh Immala Kupang. Maka para calon peserta harus mengikuti proses MPAB ini dengan baik agar mampu terbentuk idealisme dan karakter diri yang baik, sehingga kader-kader Immala tidak krisis ideologi dan idealisme.

Baca Juga :   Dicoret KPU Australia, Anggota Partai Sex Posting Foto Diri

Sirilus Kalau, dalam sambutannya mewakili senior Alumni Immala Kupang, mengajak para peserta dan pengurus agar mampu melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan konstitusi organisasi yang ada, agar kegiatan ini berjalan lancar. Sebagai senior dan alumni, pihaknya mendukung penuh kegiatan ini.

Dewan pembina Immala Kupang Periode 2018/2019, Alo Bria Nahak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang meneladani gaya kepemimpinan Yesus Kristus, dan harus memiliki skill yang baik agar mampu membanggakan orang-orang yang dipimpinnya.

“Adik-adik yang sudah tergabung dalam anggota Immala maupun calon anggota Immala yang nantinya akan mengikuti proses MPAB ini, harus mampu menjadi pemimpin yang baik bukan sekedar menjadi pemimpi lalu kemudian mimpi itu hanyut dalam bayangan,” paparnya.

Alo Bria berharap agar para calon peserta harus mendengarkan materi-materi yang akan disampaikan oleh para pemateri, karena materi itu tidak didapat di dunia kampus. Peserta harus mampu menelaah materi dengan baik dan jangan sia-siakan waktu ini karena kegiatan ini merupakan proses pematangan diri. (sani asa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top