RAGAM

Pejabat Pemkot Harus Cerdas Intelektual, Spiritual dan Emosional

Wali Kota Kupang menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan.

KUPANG, Kilastimor.com-Rotasi dan mutasi pejabat struktural dan fungsional kembali digelar dilingkup Pemerintah Kota Kota Kupang. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat struktural dan fungsional serta serah terima jabatan pimpinan tinggi pratama, dipimpin Wali Kota Kupang, Jefirston R. Riwu Kore, Rabu (13/2/2019) di lantai satu kantor Balaikota Kupang.

Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan Wali Kota Kupang Nomor DKPPD. 821/254/D/II/2019 tentang pemberentian/pengangkatan pejabat tinggi pratama dilingkungan pemerintahan kota kupang. Hal ini dilakukan untuk kepentingan dinas yang sudah di tetapkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 821. 22-121 tahun 2019 tanggal 21 Januari 2019 tentang pemberentian dari jabatan pimpinan tinggi pratama dalam hal ini Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang.
David M. Mangi, S.H. jabatan sebelumnya kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil dilantik menjadi staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Wali Kota Kupang. Selain itu dilantik juga delapan pejabat administrator esolon III yaitu, Martinus Lado, S.H. sebagai sekretaris pada Inspektorat Kota Kupang, Arnoldus Kay, SE, sebagai sekretaris Dinas Koperasi dan UKM, Drs. Dumuliahi Djami, sebagai sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Djidja Kadiwanu, SE, MM sebagai sekretaris Bappeda, Maxi Jemy Dereens Didok, S. Pd. M.Si. sebagai Sekretaris Kesbangpol, Yohanes Hani Hidayat, sebagai inspektur pembantu wilayah II pada Inspektorat dan Robert Nikolas Tade, ST sebagai kepala bagian pembangunan dan jasa Kota Kupang.

Baca Juga :   Gedung Perpustakaan Daerah Malaka Segera Dibangun. Bupati: Gedungnya Tiga Lantai

Pejabat fungsional yang dilantik sebanyak 79 orang terdiri dari 4 pengawas sekolah dasar, 3 orang kepala UPTD sekolah dasar, 2 orang kepala UPTD Taman kanak-kanak dan 70 orang kepala UPTD sekolah dasar.

Hadir pada kesempatan itu,ketua DPRD kota kupang, Yeskiel Loudoe, S.Sos, Penjabat Sekda Kota Kupang, Drs. Yos Rera Beka, pimpinan Forkopimda, para pimpinan perangkat daerah, camat dan lurah, lingkup kota kupang.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefriston R. Riwu Kore, MM.M.H dalam sambutannya menyampaikan kepada semua pejabat yag baru dilantik bahwa jabatan yang di emban saat ini, merupakan bentuk kepercayaan pimpinan yang harus dijaga dan harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Pejabat sebagai pucuk pimpinan perangkat daerah, maka para pimpinan harus mampu menggerakan seluruh stafnya untuk melaksanakan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyatakat Kota Kupang.
Pejabat yang dilantik hari ini juga dituntut untuk tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi harus cerdas secara spritual dan emosional.

Rotasi, mutasi atau pun promosi jabatan merupakan dinamisasi proses penyegaran dan penyesuaian kebutuhan peraonil dalam organisasi birokrasi. Organisasi perangkat daerah harus memiliki keunggulan dan keutamaan dan harus diisi dengan personil yang memiliki kemajuan manajerial, memahami hal teknis tentang pekerjaan, loyalitas, profesional dan inovatif serta bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Baca Juga :   Kasek: Tiga Orang Siswa SMAN Io Kufeu Dikeluarkan karena Langgar Aturan Sekolah

Wali Kota kupang juga menegaskan empat hal penting kepada semua pejabat yang baru dilantik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kedepannya yakni pertama, bangun komunikasi, kordinasi dan konsultasi serta kerja sama efektif secara berjenjang bersama pimpinan dan stafnya.
Kedua, selalu mengayomi dan melindungi jabatan yang dipercayakan.
Ketiga, ciptakan suasana kerja yang kondusif dan pupuk kerja sama yang baik diantara pimpinan dan staf.
Keempat, kepala sekolah dan pengawas sekolah memiliki peran yang sangat signifikan dalam menyelaraskan semua sub sistem di sekolah guna mewujudkan kesatuan kerja dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar yamg mampu menciptakan perubahan sehingga menunjang peningkatan kualitas pendidikan di Kota Kupang. (sani asa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top