RAGAM

Distan Malaka Terus Tingkatkan SDM Petani Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Dinas Pertanian Kabupaten Malaka tetap berupaya meningkatkan SDM Petani sawah melalui program berbagai program pelatihan khususnya dibidang mekanisasi alat pertanian.
Pelatihan tetap diptioritaskan guna percepatan pembangunan dibidang pertanian terutama dalam mengimplementasikan program RPM usungan Bupati Malaka.
Demikian Kadis TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Kamis (21/3-2019)

Dijelaskannya, atas kerja keras Pemda Malaka bersama Tim Pakar RPM, sampai dengan tgl 19 Maret 2019 luas tanam sawah telah mencapai 5.281 ha dari target 7.500 ha untuk tahun ini. Dirina optimis luas tanam sawah tahun ini akan mencapai target bahkan lebih.

Dikatakan, salah faktor pendukung dalam pencapaian target pengolahan lahan sawah bila para petani dibekali dengan keterampilan teknis terutama didalam mengoperasikan hand traktor.

“Kita dari dinas belum lama ini menggelar pelatihan teknis di aula distan Malaka, untuk operator dan petani pemakai handtraktor merk kubota. Pelatihan ini terjadi karena kerjasama antara Dinas TPHP Malaka, Balai Besar Peternakan NTT Noelbaki dan PT KUBOTA Indonesia cabang Mataram,” katanya.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi operator dan para petani yang menggunakan hand traktor merk kubota.

Kepala Balai Besar Perternakan NTT yang diwakili Mawaluddin mengatakan, pelatihan ini dilakukan di lima kabupaten yakni TTS, TTU, Malaka, Belu dan Sumba Timur. Pelatihan ini dimaksudkan untuk melatih para operator dan petani tentang cara merawat dan mengoperasikan handtraktor kubota.

Baca Juga :   Tambak Garam Malaka Serap Banyak Tenaga Kerja

PT Kubota Indonesia diwakili Kepala Operasinal Andi menjelaskan, pihak PT. Kubota siap membantu dan melatih para pengguna handtraktor kubota di Malaka kapan saja. Hal ini akan lebih lancar karena bengkel kubota sudah ada di Harekakae, Malaka. Bila ada kesulitan mengoperasikan handtraktor kubota, silahkan hubungi Bapak Yeremias Fanggidae di bengkel kubota Harekakae. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top