RAGAM

Jumlah Penduduk Miskin Masih Terus Meningkat. Bupati Ngada: Ini Masalah Serius

BAJAWA, Kilastimor.com- Dalam rangka mendukung pembangunan sektoral yang berwawasan kependudukan, telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. UU itu menekankan dua hal pokok yamg menjadi fokus pembangunan bidang kependudukan. Pembangunan berwawasan kependudukan harus disesuaikan dengan potensi dan kondisi penduduk yang ada, dan penduduk harus dijadikan titik sentral dalam proses pembangunan.

“Pembangunan berwawasan kependudukan adalah menekankan pada peningkatan sumberdaya manusia dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur semata saja,” ungkap Bupati Ngada Drs. Paulus Soliwoa.

Upaya meningkatkan kualitas hidup penduduk melalui pembangunan paparnya, diukur dengan meningkatnya status kesehatan, pendidikan, pendapatan penduduk yang memadai, pengamalan nilai agama dan sosial budaya.
Peningkatan kualitas hidup demikian ditentukan pula dengan kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, persebaran dan administrasi kependudukan yang baik.

Disebutkan, kondisi kependudukan dan dampaknya di Provinsi NTT saat ini sangat besar, dimana jumlah penduduk miskin masih terus meningkat.
Selain itu, tingginya angka pengangguran, angka kematian ibu dan bayi juga masih terus kita hadapi. Kondisi lain yakni umur harapan hidup orang NTT mencapai usia 66 tahun dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berada pada urutan 31 dari 33 provinsi persentase 63,13 persen dan masuk dalam kategori sedang.
Kondisi diatas hendaknya dapat dilihat sebagai suatu peringatan dini yang memerlukan tindakan nyata.

Pada bagian akhir, Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa menyampaikan Apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepada pihak BKKBN Provinsi NTT yang melaksanakan kegiatan luar biasa dan manfaatnya sangat besar bagi masyarakat Kabupaten Ngada ini. (sani asa)

Baca Juga :   Yeskiel Loudoe, Selly Tokan dan John Seran Lamar ke PDI Perjuangan Sebagai Balon Wali Kota dan Wawali Kupang
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top