HEADLINE

Bupati Malaka: Kita Bangga karena RSUPP Betun jadi Pusat Kaji Banding

Stefanus Bria Seran

BETUN, Kilastimor.com-RSUPP Betun yang terus dijadikan pusat kaji banding sejumlah rumah sakit membuat bangga Pemda Malaka. Salah satunya adalah Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran.

Bupatiperdana Malaka mengungkapkan, dirinya sangat bangga dan senang karena banyak Rumah Sakit yang mau datang dan belajar bersama-sama di Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan (RSUPP) Betun, Kabupaten Malaka. Hal ini menjadi nilai tambah dan kontribusi tersendiri bagi perjalanan daerah ini.

“Sebagai Pimpinan Wilayah ini, saya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi atas apa yang telah diraih RSUPP Betun yang mendapatkan akreditasi paripurna, sehingga banyak yang datang ke Malaka,” kata Bupati Malaka yang juga mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTT, ketika dikonfirmasi terkait kehadiran Tim Akreditasi dari Rumkit Wirasakti Kupang di RSPP Betun, Kamis (9/5/2019).

Pencetus Revolusi KIA di Provinsi NTT ini pun menambahkan predikat paripurn yang telah diperoleh merupakan buah dari kerja keras dan kerja sama semua pihak, melalui proses yang panjang.
“Manajemen RSUPP Betun sebelum mendapatkan predikat ini pun belajar dari beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia, kemudian menerapkan sesuai standar sehingga pada akhirnya memperoleh pengakuan ini,” ungkap orang nomor satu di Malaka ini.

Bupati yang akrab disapa SBS ini juga mengungkapkan, keberhasilan yang sudah dicapai RSUPP Betun bukan hasil mimpi semalam,  tetapi melalui proses belajar dan perjuangan yang panjang.

Khusus bidang kesehatan, Pemda Malaka meminta pendampingan team pakar dari Pusat Kebijakan dan Management Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM Jogyakarta, Team Pakar kesehatan dan Team dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT, untuk mendampingi, berdiskusi dan membenahi hal-hal tekhnis terkait manajemen kesehatan.

“Sementara Pemerintah Kabupaten Malaka sebagai pemilik rumah sakit selalu mensupport dengan menyediakan fasilitas, baik gedung, peralatan maupun sumber daya manusia yang handal dan berkompeten di bidangnya,” urai mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Sumba Timur ini.

Sehubungan dengan kunjungan kaji banding dari Rumkit Wirasakti Kupang, Bupati Malaka mengharapkan kepada pihak manajemen RSPP Betun supaya terus membuka diri untuk dipelajari oleh rumah sakit yang lain.

“Saya harapkan kepada pihak RSPP Betun untuk senantiasa membuka diri untuk dipelajari rumah sakit lain,” singkatnya sembari mengingatkan agar manajemen pihak RSUPP Betun tidak merasa tersanjung, tetapi semua ini menjadi motivasi dalam menjaga dan mempertahankan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai informasi, per April dan Mei ini, RSPP Betun Kabupaten Malaka sudah menerima kunjungan tim akreditasi dari RS Katolik Marianum Halilulik, RSUD Soe Timor Tengah Selatan dan terakhir RS Tentara Wirasakti Kupang. (edy Sumantri)

Komentar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top