HEADLINE

Empat Puskesmas di Malaka Kaji Banding di Kulon Progo

Paskalia Frida Fahik

BETUN, Kilastimor.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka kembali melakukan kaji banding akreditasi Puskesmas ke Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik yang dihubungi melalui sambungan telepon selularnya, Minggu (12/05/2019) malam menjelaskan, dirinya bersama rombongan sedang dalam perjalanan menuju Kulon Progo untuk maksud tersebut.

Menurut drg. Frida, rombongan tersebut terdiri dari staf Dinas Kesehatan Malaka dan pimpinan serta staf empat Puskesmas yang belum terakreditasi.
“Empat Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Hanemasin, Puskesmas Babulu, Puskesmas Bani-Bani dan Puskesmas Oekmurak,” jelas drg. Frida.

Empat fasilitas kesehatan tingkat satu tersebut, lanjut Frida, adalah empat puskesmas di Kabupaten Malaka yang belum terakreditasi, yang menurut rencana akan akreditasi tahun ini.
“Dari dua puluh puskesmas kita yang ada di Malaka, empat puskesmas ini belum akreditasi, tetapi sedang dalam proses sehingga perlu kaji banding ke Kulon Progo untuk memantapkan persiapan akreditasi ini,” lanjut Frida.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH yang ditemui wartawan di kediaman Bupati Malaka di Haitimuk, Minggu (12/05/2019) mengungkapkan, akreditasi puskesmas sangat penting untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.
“Kita harapkan bahwa melalui akreditasi Puskesmas, pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan sesuai standar mutu yang ada”, ungkap Bupati Malaka.

Menurut Bupati, dirinya selaku kepala daerah selalu menekankan mutu pelayanan kesehatan karena pelayanan kesehatan adalah salah satu program unggulan yang diusung oleh dirinya bersama almarhum Wakil Bupati, Drs. Daniel Asa.

Karena itu, lanjut Bupati SBS, selama tiga tahun masa kepemimpinannya sudah mengupayakan akreditasi untuk 16 puskesmas dan tahun ke empat ini sedang mengupayakan empat puskesmas lainnya.

Bupati Malaka menambahkan, akreditasi 20 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Malaka akan sangat menunjang akreditasi bintang lima paripurna yang telah diraih Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan (RSUPP) Betun.

“Kita sudah meraih predikat bintang lima paripurna untuk RSUPP Betun dan kita mau supaya 20 fasilitas kesehatan di tingkat bawahnya bisa menunjang RSUPP. Kita mau supaya mutu pelayanan di Kabupaten Malaka berjalan sesuai mutu standar yang ada,” terang Bupati Malaka.

Rombongan kaji banding dari Malaka tersebut akan melakukan kaji banding di Kulon Progo selama seminggu ke depan dan akan didampingi Tim Pakar Kesehatan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Tim Pakar Kesehatan Kabupaten Malaka dari Dinas Kesehatan Provinsi dan staf Dinkes Provinsi NTT. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top