RAGAM

Bupati Belu Perintahkan Inspektorat Periksa Kades yang Diadukan

Willybrodus Lay

ATAMBUA, Kilastimor.com-Banyaknya kepala desa yang dilaporkan masyarakat terkait pengelolaan dana desa, membuat Bupati Belu, Willybrodus Lay mengambil tindakan tegas.

Bupati Belu saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2019) mengaku prihatin dengan pengelolaan dana desa. Pasalnya, banyak kepala desa yang diadukan ke dirinya. “Ada sekira 30 kepala desa yang dilaporkan masyarakat,” sebutnya.

Dikemukakan, atas laporan masyarakat itu, dirinya sudah memerintahkan Inspektorat Kabupaten Belu melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kepala desa itu, termasuk Teun dan Lakmaras. “Inspektorat saat ini sedang melakukan pemeriksaan di desa-desa,” tegasnya.

Bagi kades yang terindikasi merugikan keuangan negara, bilang dia, maka tidak akan diberikan rekomendasi sebagai kelengkapan administrasi untuk mendaftar sebagai calon Kades. Tidak saja itu, pihaknya juga meminta agar semua kerugian negaran dikembalikan.

“Bila dikembalikan tentunya tidak ada masalah. Kalau sebaliknya tidak dikembalikan, dipastikan tidak akan direkomendasi bahkan akan diajukan ke penegak hukum,” ungkap politisi Partai Demokrat itu.

Masih menurutnya, pemeriksaan yang sedang dilakukan, untuk memastikan kebenaran atau tidaknya laporan masyarakat. Sejauh ini, laporan masyarakat benar adanya.

Pada kesempatan itu dia mengemukakan, selain penindakan pihaknya juga bakal menerapkan pengawasan yang lebih ketat. Dia mencontohkan, dana desa tahap pertama yang dicairkan, dilakukan review penggunaannya. Setelah review baru dilakukan pencairan tahap dua. Misalnya pengadaan jaringan pipa.

Melalui review itu akan dilihat apakah ada pembangunan atau tidak ditahap pertama. Jika ada maka tidak ada pencairan tahap dua dihentikan.
Hal ini untuk memperkecil kerugian negara. (ferdy talok)

Baca Juga :   Jaga Keindahan Kota, Dinas PU Malaka Sapu Bersih Damija
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top