TIMOR

Demi Efisiensi Anggaran, DPRD Belu Dukung Merger OPD

Marthen Naibuti

ATAMBUA, Kilastimor.com-Rencana merger atau penggabungan beberapa dinas dan bagian di lingkup Pemda Belu, mendapat tanggapan positif dari DPRD Belu.
Salah satunya dari Ketua Komisi I DPRD Belu, Marthen Naibuti.

Marthen Naibuti kepada media ini, Rabu (31/7/2019) di gedung DPRD Belu mengemukakan, pihaknya mendukung penuh rencana Pemda Belu melakukan merger dinas dan bagian yang ada. “Kita dukung langkah pemerintah itu,” paparnya.

Pihaknya sebagai DPRD, tentunya hanya bisa menunggu Ranperda yang bakal diajukan. Sebab untuk penambahan dan pengurangan OPD harus ditetapkan melalui Perda. “Kalau Ranperda diusulkan, maka kami siap membahasnya bersama pemerintah,” tandasnya

Dia melanjutkan, merger dinas dan bagian tentunya bagian dari perampingan OPD. Lebih dari itu, bakal lebih efisien dan efektif dalam pelayanan publik.
Perampingan perlu, agar tidak kebanyakan OPD, dan fungsinya tinggal diefektifkan dengan dinas yang ada. Terkait efisiensi, tentu sangat besar karena OPD berkurang. “Kita hemat banyak anggaran kalau OPD dimerger sebagaimana rencana Pemda Belu,” bilangnya.

Ketua Komisi II, Simon Guido Seran mendukung rencana itu. Merger bisa mengefektifkan pelayanan publik, termasuk pengurangan biaya operasional OPD.

Walau demikian, pihaknya masih harus menunggu Ranperda diajukan pemerintah. Sebab perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus melalui Perda. “Nanti kita bahas bersama ranperda yang diajukan pemerintah. Merger dinas bagi saya hal yang baik,” timpalnya.

Baca Juga :   Letakkan Batu Pertama, MenkoPolhukam Kunjungi Perbatasan RI-RDTL

Untuk diketahui, Pemda Belu berencana menggabungkan kembali Dinas Perumahan Rakyat ke Dinas PU. Sementara Dinas Ketahanan Pangan dimerger dengan Dinas Pertanian. Sedangkan untuk Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Belu digabung dengan Bagian Pembangunan Setda Belu.

Saat ini, Ranperda sedangkan disusun oleh Bagian Hukum dan Bagian Organisasi Setda Belu, untuk diajaukan ke DPRD dalam sidang perubahan nanti. (ferdy talok)

Most Popular

To Top