NASIONAL

e-rekapitulasi Bakal Dipakai Pada Pilkada Serentak 2020

JAKARTA, Kilastimor.com-Pilkada serentak bakal digelar pada 23 September 2020 nanti. Terkait Pilkada serentak itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan penerapan rekapitulasi elektronik atau e-rekapitulasi.

Komisi II DPR RI menyambut baik rencana atau wacana tersebut. Wakil Ketua Komisi II DPR, Mardani Ali Sera menyambut positif wacana yang digulirkan KPU. Hal itu menurut Mardani untuk mempersingkat penghitungan suara.

“Wacana e-rekapitulasi menarik. Kalau KPU sudah simulasi, berarti waktu perhitungannya menjadi lebih pendek. Sehingga itu bisa dialokasikan buat yang lain,” ujar Mardani kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan adanya wacana penggunaan e-rekapitulasi tersebut akan dibahas lebih detail antara KPU dan Komisi II DPR dalam rapat yang akan datang. Sebab Komisi II DPR menilai gagasan yang dimiliki KPU sangatlah bagus.

‎Wakil Ketua Komisi II DPR lainnya, Herman Khaeron mendukung terobosan baru dengan menerapkan e-rekapitulasi, e-voting terhadap Pemilu yang akan datang. Karena Pemilu di luar negeri sudah menggunakan cara tersebut.

“Jadi kita coba dengan beberapa opsi yang tentu memungkinkan Pemilu lebih efisien, efektif, jujur adil adan objektif,” kata Herman.

Selain itu, Herman mengatakan melakukan e-rekapitulasi dan e-voting juga akan menghilangkan kecurigaan di masyarakat tentang dugaan kecurangan Pemilu. Sehingga KPU diharapkannya berkonsentrasi untuk menerapkan e-voting dan e-rekapitulasi tersebut. (hendrik)

Baca Juga :   Satgas Yonif R 712/Wt Panen Raya Padi Bersama Kelompok Tani di Haekriit: Sebagai Bentuk Kemanunggalan TNI
Loading...
Loading...
Loading...
To Top