NASIONAL

Hadiri Puncak Harganas, Puan: Keluarga Fondasi Menuju Sejahtera

Puan Maharani.

BANJARMASIN, Kilastimor.com-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar kegiatan hari keluaga nasional (Harganas) XXVI di Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani yang menghadiri acara itu menyampaikan bahwa Harganas ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, agar lebih menyadari dan memahami bahwa keluarga merupakan pondasi yang penting dalam membangun kehidupan yang sejahtera.

Puan juga menyampaikan dalam acara puncak Harganas hari ini, pemerintah memberikan penganugerahan tanda kehormatan dan tanda penghargaan bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan yang ditunjukan oleh saudara-saudari yang telah ikut bekerja dalam memajukan program KKBPK.

“Mencintai keluarga berarti berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera dan berbudaya. Keluarga berencana tidak hanya dimaknai sebagai upaya pengendalian semata, akan tetapi membangun pemahaman, kesadaran dan komitmen dalam mewujudkan keluarga yang sehat, berpendidikan, bermasyarakat dan berbudaya,” ungkap putri Presiden kelima itu.

Puan meminta agar setiap keluarga Indonesia memahami bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan beragam, terdapat 714 suku bangsa,1100 bahasa daerah, 1.700 pulau. Oleh karena itu keluarga harus menjadi tempat membangun sikap dalam menghargai perbedaan.

Sementara itu, Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo,SpOG dalam laporannya menyampaikan bahwa melalui program pembangunan keluarga, diharapkan semua keluarga di Indonesia adalah keluarga yang bahagia dan sejatera, meningkat kesejahteraan dan taraf hidup keluarga.
Hal ini dapat ditempuh melalui berbagai program pembinaan, ketahanan keluarga serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

Baca Juga :   Pertina Malaka Terancam Bubar Akibat Ketiadaan Dana

Hal ini paparnya, sejalan dengan tema sentral Harganas tahun 2019 yakni Hari keluarga hari kita semua. Tema ini mengandung makna bahwa hari keluarga dapat dirasakan oleh kita semua warga Indonesia dan dalam rangka menghidupkan kembali kesadaran kolektif akan pentingnya arti keluarga dalam tatanan kehidupan sosial, slogan harganas yaitu cinta keluaga cinta terencana.
“Slogan tersebut mengandung makna bahwa sebelum membangun keluarga harus dimulai dengan perencanaan yang baik agar tercipta sebuah keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera,” paparnya.

Hasto juga berharap agar dengan peringatan Harganas dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Hasto juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah RI yang telah membantu masyarakat melalui beberapa kementrian yang sekaligus mitra kerja BKKBN dalam rangka hari keluarga nasional (Harganas) ke XXVI tahun 2019 diantaranya pembagian buku seri pendidikan orang tua dan kartu Indonesia pintar untuk 2.000 orang dari Kemendikbud, bantuan berupa keperluan sekolah dari BNI sebanyak 250 paket, bantuan berupa sembako dari BRI 300 paket dan dari perum bulog 500 paket, alat bantu dengar sebanyak 25 unit dari asuransi kredit Indonesia, pil KB, kondom dan laktoobost dari DKT, serta pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil masing-masing 1/2 ton.
Ada juga kartu Indonesia sehat sebanyak 200 orang dari Kementerian Kesehatan dan sejumlah babtuan lain. (sani asa)

Baca Juga :   Inilah Prinsip Yonif 743/Psy dalam Menjaga Kedaulatan Bangsa
Loading...
Loading...
Loading...
To Top