RAGAM

Inilah Hasil Pemilihan Duta GenRe NTT 2019

Pemilihan Duta GenRe NTT.

KUPANG, Kilastimor.com-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi NTT menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) jalur masyarakat dan jalur pendidikan, Sabtu (27/7/2019) di Lipo Plaza Kupang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi KSPK BKKBN, M. Yani, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN, Eka Sulistia Ediningsi, Kepala Bidang P2P Provinsi NTT, Tresia S. Ralo, dan Kepala BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru.

Gubernur NTT yang diwakili Kepala BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru dalam sambutannya mengatakan, program kependudukan keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga ( KKBPK) secara kusus untuk mendukung nawacita ke-lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia serta secara umum mendukung nawacita ke-tiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka kesatuan RI. Selain itu menjalankan cita ke delapan yang melakukan revolusi karakter bangsa.

Lanjut Marianus, remaja saat ini diperhadapkan dengan dua masalah besar yakni masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial meliputi penggunaan nafsa, hubungan seksual pranika dan aborsi yang disebabkan pergaulan bebas, pernikahan usia dini. Sedangkan masalah kebangsaan meliputi solidaritas sosial rendah, semangat kebangsaan rendah, semangat bela negara rendah dan semangat kesatuan dan persatuan rendah. Akirnya hal-hal ini menyebabkan angka putus sekolah meningkat, sulit mendapat pekerjaan karena kurangnya ketrampilan.

Program generasi berencana ujarnya, diharapkan untuk dapat mewujudkan remaja yang berperilaku sehat dan bertanggungjawab. Ada dua pendekatan itu hal itu, pertama, diadakan pusat informasi dan konseling remaja sebagai salah satu wadah dari program genre yang dikelola dari dan oleh untuk remaja/mahasiswa. Pendekatan kedua yaitu melalui kekompok bina keluarga remaja (BKR) yaitu suatu kelompok kegiatan yang terdiri dari keluarga yang mempunyai remaja usia 10-24 tahun. (sani asa)

Baca Juga :   Jaminan Bagus, Hongkong Bisa Jadi Tujuan Pekerja Migran

Adapun peserta yang menjuarai Lomba Duta GenRe Provinsi NTT 2019 antara lain:

Duta GenRe Jalur Pendidikan Putra

Juara I: Glen Daniel Febrian Ongkio Buol (Sikka)
Juara II: Alexcandra Parut (Manggarai)
Juara III: Agus R. Dapa (TTU)

Duta GenRe Jalur Pendidikan Putri

Juara I: Swesty L. S. Taga (Sabu Raijua)
Juara II: Gracia Tanelab (Kota Kupang)
Juara III: Yuhmilania Jatang (Manggarai Barat)

Duta GenRe Jalur Masyarakat Putra

Juara : Alfons Turu/ Kota Kupang
Juara 2 : Billy W. Senduk/ Belu
Juara 3 : Novrianto Nautu/ TTU

Duta GenRe Jalur Masyarakat Putri :
Juara I: Libertina Sinaga (Kota Kupang)
Juara II : Maria Nabu (TTU)
Juara III: Luiza Abanit (Belu)

Loading...
Loading...
To Top