HEADLINE

KPU Belu Tunda Pleno Penetapan Caleg Terpilih

Jack Nahak

ATAMBUA, Kilastimor.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu menunda pelaksanaan pleno penetapan kursi dan caleg terpilih, yang sedianya dilangsungkan Kamis (4/7/2019) hari ini.
Hal ini terjadi karena sedang berlangsungnya sidang penyelesaian sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU Belu, Jack Nahak yang dihubungi media ini, Kamis (4/7/2019) menjelaskan, berdasarkan arahan Pimpinan dan sesuai dengan Surat KPU Nomor 867 tertanggal 24 Mei 2019, maka sepanjang surat KPU mengenai penyampaian daftar daerah yang bersengketa PHPU di MK dan/atau yang tidak bersengketa PHPU di MK belum diterbitkan dan diterima oleh KPU provinsi, kabupaten/kota, pihaknya diminta agar proses Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota tidak dilakukan terlebih dahulu.
“Kita baru terima arahan baru, untuk belum lakukan pleno penetapan,” bilangnya.

Dikatakan, informasi yang disampaikan sebelumnya, bahwa pleno penetapan caleg terpilih dilakukan Kamis hari ini, merupakan hasil rapat KPU Belu sebelum adanya arahan dan surat ini. Namun dengan arahan dan surat ini, pleno tersebut KPU Belu ditunda.

Menyoal kapan akan kembali dilaksanakan pleno, komisioner dua periode itu mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari KPU Provinsi NTT. (ferdy talok)

Komentar
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top