RAGAM

Menakar Kandidat Ketua DPRD Belu

Partai Demokrat

ATAMBUA, Kilastimor.com-Komisi Pemilihan Umun (KPU) Belu baru akan menetapkan caleg terpilih, Kamis (4/7/2019) besok. Namun publik sudah mengetahui partai pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Belu sesuai hasil pleno rekapitulasi perolehan suara oleh KPU Belu sebelumnya.
Adalah Partai Demokrat yang keluar pemenang, karena memiliki akumulasi suara tertinggi dibanding partai peserta pemilu lainnya di Kabupaten Belu.
Dengan raihan suara tertinggi itu, maka Demokrat didapuk menduduki kursi Ketua DPRD Belu.

Pasca penetapan caleg terpilih nanti, maka dengan sendirinya akan diikuti dengan pengusulan Ketua DPRD Belu Periode 2019-2024 mendatang oleh Partai Demokrat Belu. Partai berlambang mercy itu, memperoleh empat kursi di DPRD Belu periode mendatang.
Empat kursi itu diperoleh pada tiga dapil dari empat dapil yang ada. Mereka antara lain, A.K.K. Jumadi Manek dapil Belu I, Frans X. Saka dan Jeremias Manek Seran Jr dapil Belu III. Sedangkan dapil Belu IV bakal diisi Mauk Martinus atau Kristo Rin Duka yang memperoleh suara yang sama dan menunggu penetapan KPU Belu.

Dari empat caleg terpilih itu, semuanya berpeluang memimpin lembaga terhormat DPRD Belu.
A.K.K. Jumadi Manek caleg terpilih dapil Belu I, saat ini menjabat sebagai Ketua PAC Partai Demokrat Atambua Selatan. Mady Manek sapaan karibnya merupakan lulusan pasca sarjana Magister Manejemen dengan gelar MM dengan usia yang masih belia. Pada kepengurusan partai, Mady Manek boleh dibilang pendatang baru. Namun dengan hasil pemilu yang ada, patut diperhitungkan.

Baca Juga :   BNN dan Pemkot Kupang Bersinergi dalam P4GN

Caleg terpilih Dapil Belu III, Frans X. Saka. Caleg ini memperoleh suara tertinggi di internal caleg Demokrat di Dapil Belu III. Dengan perolehan suara itu, jadi pertimbangan untuk menduduki kursi Ketua DPRD Belu. Apin Saka juga merupakan pendatang baru dan hanya menjadi anggota di Partai Demokrat. Akan tetapi kader tersebut telah menorehkan hasil positif bagi partai.

Selanjutnya ada Jeremias Manek Seran Jr. Dia terpilih dari Dapil Belu III, karena Demokrat memperoleh dua kursi. Manek Folo panggilannya, kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Belu. Dipartai, dia menjabat sebagai Sekretaris DPC Belu. Melihat jabatan yang ada, tentunya sangat berpeluang untuk dipecaya menjadi orang nomor satu di DPRD Belu.

Sementara itu, dua kader Demokrat di Dapil IV masing-masing Mauk Martinus dan Kristo Rin Duka masih menunggu penetapan KPU Belu karena memperoleh suara sama dalam pemilu lalu. Walau demikian, keduanya patut ditakar peluangnya lebih jauh. Jika Mauk Martinus ditetapkan sebagai caleg terpilih, maka dia juga memiliki peluang memimpin DPRD Belu. Selain kader senior, Mauk Martinus juga merupakan Ketua PAC Partai Demokrat Tasifeto Barat tiga periode. Sedangkan Krito Rin Duka juga memiliki peluang jika ditetapkan sebagai caleg terpilih. Pasalnya, selain kader muda dengan pendidikan sarjana, Kristo juga menjabat sebagai Ketua PAC Raimanuk.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Belu, Jeremias Manek Seran Jr. yang dikonfirmasi kilastimor.com mengatakan, hingga kini DPC belum mengusulkan nama calon Ketua DPRD Belu. “Kita tunggu saja petunjuk dari DPP,” pungkasnya.

Baca Juga :   Miris dengan Kelulusan Tes CPNS Malaka, Bupati Surati Ketua Apkasi

Nasdem Belum Usul ke DPP

Hal senada disampaikan Ketua DPD Nasdem Belu, Jhon Tanur. Dia mengatakan, belum ada petunjuk dari DPP untuk pengusulan nama calon Ketua DPRD Belu. “Kami masih tunggu petunjuk dari DPP. Jika sudah ada, kami akan ajukan,” pungkasnya. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top