RAGAM

Bermodal KTP, Pasien Rujukan RSUPP Betun Tetap Dilayani RSUD Atambua. “Pemda Malaka Rutin Bayar Tagihan”

RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Janji Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Malaka bukan isapan jempol. Terbukti pasien rujukan hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilayani pihak RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, Atambua sejak tiga tahun lalu.

Direktris RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, Atambua, dr. Ansilla Muti yang dikonfirmasi media ini mengatakan, pasien rujukan dari RSUPP Betun, tetap dilayani dengan baik. Pasalnya hingga kini kerja sama kedua pemerintahan dan rumah sakit berjalan dengan baik. “Kita sejak tiga tahun lalu tetap layani pasien rujukan ke rumah sakit ini. Perhatian Pemda Malaka sangat bagus. Yang hanya gunakan KTP dibayar oleh Pemda Malaka,” tandasnya.

Terbukti, tagihan pasien rujukan dari Malaka yang hanya menggunakan KTP, dilunasi secara baik dan teratur. Dalam sebulan, bisa ada sekira 50-70 pasien yang dirujuk, dengan biaya bervariasi dan kewajiban Pemda Malaka itu dibayar secara teratur. “Bulan lalu, Pemda Malaka membayar sekira Rp 300 juta. Dan itu dibayar biaya rujukan hingga bulan Mei 2019. Jadi tidak ada tunggakan berarti,” timpalnya.

Dia mengaku, memang akhir-akhir ini rujukan dari Malaka sedikit menurun. Hal itu dikarenakan RSUPP kian lengkap fasilitas maupun tenaga dokternya. Ada juga pasien rujukan langsung dibawa ke Kupang karena Pemda Malaka juga bekerjasama dengan RSU WZ. Johannes Kupang.

Baca Juga :   Apin Saka Diputuskan jadi Ketua Fraksi Demokrat DPRD Belu

“Pelayanan dan fasilitas yang kian lengkap di RSUPP Betun, membuat rujukan agak menurun. Menurut saya itu bagus dan ada perubahan drastis di RSUPP Betun,” timpalnya.

Perubahan di RSUPP Betun jelasnya, merupakan hasil kerja keras Pemda Malaka dan manejemen RSUPP dalam melayani masyarakat. “Kita apresiasi,” bilangnya. (ferdy talok)

Most Popular

To Top