EKONOMI

Dinas TPHP Targetkan Malaka Sebagai Daerah Penyiap Bibit Unggul Kacang Hijau Nasional

Kacang Hijau Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) mendorong petani mengembangkan komoditi RPM kacang hijau.

Pengembangan kacang hijau bertujuan untuk dikonsumsi demi meningkatkan gizi keluarga juga bisa dipasarkan demi peningkatan kesejahteraan petani.

Kadis TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Rabu (28/8/2019) mengatakan, fore Malaka merupakan komoditi unggul, yang selama masih bergabung dengan Kabupaten Belu dikenal dengan nama Fore Wehali merupakan komodoti unggulan asal Malaka yang lolos dalam sertifikasi balai benih nasional.

“Ini peluang bagi Malaka karena komodoti ini bisa dikembangkan sebagai komoditi andalan Malaka, terutama penyiapan benih kacang hijau untuk dipasok keluar Malaka,” tuturnya.

Selama ini lanjut dia, Malaka belum bisa memenuhi permintaan benih dari luar daerah karena hasil produksi tiap tahun belum konstan sesuai permintaan pemesan benih.
”Karena itu, setiap tahun kita alokasikan anggaran untuk pengadaan benih kacang hijau agar ditanam masyarakat,” sebutnya.

Hingga akhir Juli 2019, urai Yus Nahak, luas tanam kacang hijau di Malaka mencapai 4.672 ha. Ini lebih besar dari luas tanam tahun 2018 yg hanya mencspai 3.734 ha.

Dikemukakan, target pihaknya kacang hijau tidak hanya ditanam untuk konsumsi masyarakat, tetapi juga bisa dikembangkan menjadi benih unggul sebagai persiapan cadangan benih nasional untuk memenuhi permintaan benih dari daerah lain diluar Malaka. (edy sumantri)

Baca Juga :   Bupati Malaka: Investor Silahkan ke Malaka. Namun Harus Serius
Loading...
Loading...
Loading...
To Top