NASIONAL

Joni Kala dan Likurai Belu Viral di HUT RI Dua Tahun Terakhir

Joni Kala panjat tiang bendera dan Likurai di Istana Negara.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kabupaten Belu yang berada ditepian negeri dengan Timor Leste terus mencatatkan sejarah pada peringatan HUT RI dua tahun terakhir. Bahkan apa yang dilakonkan putra-putri Belu menjadi viral di media sosial baik skala regional, nasional maupun internasional.

Goresan ini sengaja dibuat untuk melawan lupa, atas sejumlah torehan yang pernah menggemparkan seantero tanah air maupun dunia internasional.
Catatan sejarah itu mulai dari kisah heroik hingga tarian budaya yang menasional.

Pada peringatan HUT ke-73 RI, salah satu bocah atas Kabupaten Belu membuat sejarah dan viral di dunia maya. Yohanes Ande Kala Marcal Alias Joni Kala adalah orang yang membuat geger seantero Indonesia.
Joni Kala siswa SMP Silawan itu, menunjukan sikap heroiknya dengan memanjat tiang bendera, untuk melepaskan simpul tali bendera yang terjepit, hingga bendera tidak bendera Merah Putih tidak bisa dikibarkan.

Sontak video maupun gambar elektronik tersebar secara meluas dan diakses oleh warga Indonesia maupun manca negara.

Atas aksi heroiknya, Joni Kala begitu populer dan berkesempatan jumpa dengan Presiden Joko Widodo, para menteri dan sejumlah artis terkenal. Selain populer, Joni mendapat ganjaran besar, dimana mendapat hadiah rumah, hadiah beasiswa Akmil maupun uang ratusan juta.

Ditengah redahnya hiruk pikuk kisah Joni Kala, Kabupaten Belu kembali menciptakan viral. Kali ini melalui tarian Likurai yang ditampilkan di Istana Negara dalam peringatan HUT ke-74, 17 Agustus 2019.

Baca Juga :   Pemda Malaka Sosialisasi Dana Desa 2018. Bupati SBS: Dana Desa di Swakelola

Dunia maya dihiasi berbagai video dan foto tentang penampilan 150 putra-putri Belu di Istana Negara. Bagaimana tidak, Likurai mungkin saja menjadi tarian tradisional pertama di NTT yang ditampilkan dalam HUT RI.

Karena kebanggaan itu, masyarakat NTT kembali memviralkan tarian itu. Saking bangganya, lakon tarian tersebut mengusai media sosial atau dunia maya, baik facebook, Instgram maupun aplikasi komunikasi WA.

Tentunya ini selain menjadi kebanggaan masyarakat Belu, juga menjadi kebanggaan orang NTT, karena salah satu tarian tradisional dari NTT mulai ditampilkan.

Memang pernah tarian ini menjadi salah satu tarian pembuka Asian Games di Jakarta. Namun menjadi yang perdana ditampilkan di Istana Negara dalam acara semarak peringatan HUT RI.

Patutlah masyarakat NTT dan Belu pada khususnya berbangga, atas torehkan hal-hal positif untuk Indonesia. (ferdy talok)

Loading...
Loading...
To Top